Menjadi Sobat Bumi Bersama Pertamina

Akhir-akhir ini kita sering mendengar jargon “one man one tree”, yang merujuk kepada betapa pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan manusia. Lingkungan hidup merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia memperoleh makanan, minuman serta kebutuhan lainnya tentunya berasal dari sumber-sumber yang disediakan oleh lingkungan hidup.

.

Makanya mengapa dalam jargon diatas, pohon dianalogikan sebagai sumber kehidupan bagi manusia karena satu pohon bisa memberikan kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Manusia memperoleh makanan, minuman dan berbagai macam kebutuhan lainnya seperti dari pepohonan, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Manusia memanfaatkan memanfaatkan bagian-bagian lingkungan hidup seperti hewan-hewan, tumbuh-turnbuhan, air, udara, sinar matahari, garam, kayu, barang-barang tambang dan lain sebagainya untuk keperluan hidupnya.

.

Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia untuk menjaga lingkungan hidup yang kita diami ini. Tanggung jawab ini tentunya bukan hanya untuk keberlangsungan hidup kita, tapi juga untuk generasi sesudah kita. Generasi anak-anak dan cucu-cucu kita berhak untuk mendapatkan hidup yang layak dan baik, dan bukan hidup yang sengsara akibat perlakuan buruk kita terhadap alam.

.

Saat kita menjaga alam, berarti kita menjaga kelangsungan hidup manusia. Energi adalah hal yang sangat mutlak dibutuhkan dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Menariknya, energi tidak bisa dimusnahkan. Seperti yang selama ini kita kenal tentang hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak bisa dimusnahkan, namun bisa berpindah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Energi di dunia ini sangat terbatas, namun kebutuhan hidup manusia tidak terbatas, sehingga kita harus benar-benar menggunakannya sebaik mungkin.

.

Setiap manusia membutuhkan energi bagi kelangsungan aktivitas hidupnya. Mustahil seseorang bisa melakukan aktivitasnya secara normal tanpa adanya bantuan energi. Manusia harus menggunakan energi dengan baik dan bijaksana agar tidak terjadi ketidakseimbangan ekosistem dalam kehidupan. Terjadinya pemanasan global, pencemaran udara dan efek rumah kaca adalah contoh nyata ketidakseimbangan yang terjadi di dunia ini.

.

Untuk itu, menjaga lingkungan hidup (di dalamnya termasuk energi) adalah tugas kita semua. Bagaimana caranya? Ya anggap saja kalau lingkungan hidup itu sebagai sahabat kita, istilah kerennya, menjadi Sobat Bumi! Tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menjadi sobat bumi, diantaranya:

.

  1. Hidup Hijau, dengan cara menjaga dan merawat pohon-pohon dan tumbuhan yang berada di lingkungan kita. Hidup hijau juga berarti kehidupan kita selaras dengan alam. Perilaku kita selalu menjaga lingkungan hidup dan tidak merusaknya.
  2. Mengurangi pemanasan global, dengan cara tidak merusak alam seperti membakar sampah, memakai kantong plastik yang bisa didaur ulang, dan mengganti bola lampu biasa dengan lampu neon yang ramah lingkungan.
  3. Menghemat energi, dengan cara mengurangi pemakaian energi listrik yang berlebihan seperti mematikan lampu di rumah yang tidak digunakan atau menghemat pemakaian ac, televisi, komputer, dll.

 .

PT Pertamina (Persero), sebagai salah satu perusahaan kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan, memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pentingnya keberlangsungan hidup manusia, dalam hal ini bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pertamina mengadakan Blogger Contest “Sobat Bumi” yang bertujuan ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk mencintai Indonesia dan memahami arti pentingnya energi bagi kehidupan bangsa di masa depan.

 .

Tuangkan ide-ide kreatif dan “liar” teman-teman semua tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi keberlangsungan hidup manusia dan pentingnya energi alternatif sebagai pengganti energi yang sudah ada, serta apa tindakan nyata yang bisa kita lakukan saat ini untuk menghemat energi dan memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan hidup. Semua ide teman-teman ini adalah bentuk cinta dan semangat dari energi terbarukan yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan pastinya akan menjadi sumbangan yang sangat berharga bagi negara yang kita cintai ini.

 .

Lalu bagaimana cara mengikuti kontes blog ini? Mudah saja..

 .

Kriteria Peserta

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Usia peserta 17-30 tahun
  • Memiliki blog pribadi yang berusia minimal 3 bulan

 .

Tema Penulisan

  • Tindakan nyata sobat bumi dalam menghemat energi dan menjaga lingkungan.
  • Energi alternatif sebagai pengganti energi fosil ketika minyak dan gas habis.

 .

Syarat dan Ketentuan

  • Periode kompetisi sejak 10 November 2012 dan ditutup 10 Desember 2012
  • Peserta diharuskan “Like” fanpage facebook PT Pertamina dan follow akun twitter @PTPertamina
  • Kirim link artikel yang kamu buat ke ptpertamina.blogcontest@gmail.com untuk mendapatkan email balasan yang berisi banner dan shorten link artikelmu
  • Posting link artikel blog beserta ringkasan (summary) seputar artikel blog tersebut dalam batasan 120 karakter pada akun Twitter milik PT Pertamina.
  • Publikasikan artikel blog tersebut pada akun jejaring sosialmu dan tarik pembaca sebanyak-banyaknya.
  • Jaga interaksi dengan pengunjung blog terutama pembaca artikel yang diikutsertakan dalam lomba.

 .

Kriteria Penulisan

  • Artikel harus orisinil dan bukan hasil terjemahan, saduran, atau plagiarisme.
  • Artikel belum pernah dibuat sebelumnya dan tidak sedang diikutsertakan dalam kompetisi lain.
  • Artikel belum pernah dan tidak sedang dimuat di media manapun.
  • Artikel menggunakan bahasa Indonesia.
  • Artikel tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung SARA dan pornografi, serta tidak melanggar norma kesusilaan.
  • Tidak ada batasan dalam penggunaan platform blog (wordpress, blogspot, posterous, tumblr, dagdigdug, blogdetik, dll.)
  • Peserta hanya diperbolehkan membuat dan mengikutsertakan 1 (satu) artikel yang dikirim dari 1 (satu) alamat blog pribadi.
  • Batas minimal yang ditentukan dalam penulisan artikel adalah 200 (dua ratus) kata.
  • Artikel wajib diberikan label (tag) ENERGI, NASIONALISME, LINGKUNGAN dan PERTAMINA.
  • Peserta wajib memuat banner yang disediakan penyelengara kompetisi blog PT Pertamina pada blog pribadinya berupa HTML script.

Kriteria Penilaian

  • Isi artikel sesuai dengan tema yang diberikan.
  • Orisinalitas, kreativitas, eksplorasi ide dalam membuat artikel sesuai dengan ruang lingkup yang ada.
  • Interaksi antara pemilik blog dengan pembaca artikel baik di blog-nya maupun melalui link yang diunggah ke situs jejaring Facebook dan Twitter.
  • Jumlah kepopuleran artikel melalui publikasi via Twitter @PTPertamina.
  • Isi artikel tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).
  • Juri memiliki hak prerogatif untuk menentukan pemenang.

 . 

Info lebih lengkap tentang Pertamina Blogger Contest “Sobat Bumi” bisa dilihat  di sini: http://www.pertamina.com/blogcontest/index.php/home/#home

Tunggu apalagi, segera buka computer atau laptop kalian, dan langsung menulis tentang lingkungan hidup. Jadilah sobat bumi bersama Pertamina!

.

Happy writing guys!!

.

Salam hangat,

@MuhammadAssad

9 thoughts on “Menjadi Sobat Bumi Bersama Pertamina

  1. Okeh nieh kompetisi yg dibikin sama PT. Pertamina (Persero)!! Tp sayang seribu sayang aku bkn pengguna blogger kakaaaakk… Gmn atuh??😀

  2. Hi Assad, setelah denger langsung podcast dirimu di Inspire Cast dan baca Qatar Note (limited edition). SUMPAH! Bener bener belajar banyak tentang kehidupan dan meraih mimpi. Oh ya, kok udah lumayan lama ya Blog Ne gak di Update. Sibuk banget ya? SUKSES ASSAD and SEE YOU ON TOP

    Sayang sekali ya saya telat mengenai informasi Blog Contest PERTAMINA, hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s