#SSS 28 – Multi-level Keberuntungan

#SSS (Sedekah Super Stories) kiriman Hadijah Rima (@HadijahRima / hadijahreema@gmail.com)

.

Jujur aja, aku bukan orang yang rajin bersedekah. Yah, seperti kebanyakan orang lah, biasanya kalo sedekah paling cuma sedikit. Sampai suatu hari saat aku lagi surfing internet ke blog Notes From Qatar punya Ka Assad, ternyata Ka Assad lagi mengajak sedekah buku #NFQ buat Penyala, yang akan dikirim untuk anak-didik Pengajar muda di pelosok Indonesia. Aku pun tertarik, lalu tanya sama ka Assad gimana caranya dan dibalas.

.

Sebenernya setelah itu pun sempat terjadi sedikit pergolakan batin antara iya dan tidak, karena sebelumnya belum pernah aku terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial kayak gitu. Dalam hatiku berbisik, “Sudahlah Rima, Bismillah saja, kamu percaya Allah kan? Hitung-hitung nambah pahala juga.”

.

Akhirnya aku pun transfer ke Ka Assad, ga banyak, tapi termasuk lumayan buat kantong pelajar. Cuma Rp 100 ribu, dan entah kenapa, seperti ada perasaan yang amat puas saat akhirnya aku berhasil melakukannya. FYI, saat aku sedekah itu aku sedang duduk di kelas 9 yang menghadapi UN (Ujian Nasional) SMP. Aku pun berdoa, semoga dengan perantara sedekah itu, aku bisa lulus UN dengan memuaskan. Ga cuma sendiri, aku pun SMS hampir ke semua teman tentang ajakan sedekah Ka Assad itu. Sebenarnya banyak yang ngerespons, tapi akhirnya hanya 1 orang teman yang titip aku uang buat sedekah itu.

.

Waktu berjalan hingga akhirnya sampai pada saat pengumuman UN SMP. Alhamdulillah, aku bisa lulus UN SMP dengan NEM terbaik di sekolahku! Mengalahkan temanku, sang juara abadi yang pas try out hanya bisa kulampaui sesekali. Dan, ini yang lebih luar biasa lagi, temanku yang rangking 2 NEM terbaik adalah dia yang waktu itu menitipkan sedekahnya sama aku.

.

Tak hanya itu, aku pun alhamdulillah dapat tawaran beasiswa dari 5 SMA di Solo, 3 diantaranya termasuk sekolah favorit, dan ini juga dari arah yang tak disangka-sangka. Tawaran yang pertama karena menang olimpiade, dan yang 4 lainnya karena menang try out di sekolah tersebut. Aku juga sebenarnya bisa lolos ke suatu sekolah program akselerasi namun tak kuambil. Akhirnya, alhamdulillah aku masuk ke SMA yang aku inginkan sejak SMP karena program olimpiadenya, dengan mendapat beasiswa penuh.

.

Tak berhenti sampai disitu, “multi-level keberuntungan” itu terus berlanjut saat aku masuk SMA. Tepat seminggu seusai MOS, guru matematika sekolah tersebut memberiku kabar bahwa aku diikutsertakan dalam pembinaan intensif olimpiade Matematika untuk persiapan menghadapi suatu kontes Olimpiade Matematika tingkat Internasional yang akan diadakan 1 bulan setelah itu.

.

Alhamdulillah, hasil dari Olimpiade tersebut lumayan memuaskan dan Saya mendapat penghargaan dari sekolah. Saya kira hal tadi masih ‘tersentuh’ manfaat sedekah waktu itu. Dan, kalau dihitung secara matematis, keuntungan (hanya dalam uang) yang didapat setelah sedekah Rp 100 ribu itu sudah lebih dari 70 kali lipat, bahkan mungkin lebih. Belum lagi hal-hal yang tadi saya sebutkan yang tak bisa dibeli dengan uang tentunya. Sudah terbukti kan janji Allah yang telah disebutkan dalam Al Qur’an??

.

Jujur, aku sangat takjub dan tak percaya, bahwa memang ternyata “The Power of Giving” itu sangat besar dan luar biasa, dimana Allah pasti akan memberikan ganjaran-Nya yang bahkan lebih dahsyat dari yang kita harapkan.

.

At last, bukan maksud menggurui, tapi yakinlah, bahwa Allah memang Maha Pemberi, Dia tidak pernah sekalipun mengingkari janji. Segala perbuatan baik yang kita lakukan pasti akan dibalas berlipat kali, lewat hal-hal menakjubkan yang mungkin tak dapat kita pahami.

.

Terima kasih banyak untuk Notes From Qatar yang telah menunjukkan padaku indahnya memberi dan juga telah mengajakku untuk berbagi cerita ini. Semoga Allah, Sang  Maha Pemberi Rezeki, membalas semua kebaikan serta memberikan kita kemudahan untuk terus memberi dan kemurahan hati untuk selalu berbagi.. Amin Yaa Rabbal ‘Aalamiin..

.

*** THE END ***

Bagi teman-teman yang punya cerita dahsyatnya sedekah dan ingin berbagi inspirasi dengan yang lain, silahkan kirim ke muh_assad@yahoo.com dengan subject #SSS – (Judul Cerita).

.

Regards,

@MuhammadAssad

3 thoughts on “#SSS 28 – Multi-level Keberuntungan

  1. assalamualaikum kak assad, kalau boleh tahu sisitem pembelajaran di qatar itu menggunakan b.arab atau inggris ?????

  2. inspiratif banget .
    Subhannalloh inilah bukti bahwa sesungguhnya hanya Allah SWT , yang maha kaya dengan beribu” kemudahan dalam membalas
    juga karena kuasaNYA ,semoga kita senantiasa diberi hidayah dan keberkahan Aamiin ..

Leave a Reply

