#SSS 9: Bisnis Showroom Mobil Terwujud!

#SSS (Sedekah Super Story) dikirim oleh salah seorang teman baik saya Tiffany Aviana (@tiffanyaviana). Read her inspiring story!

.

Dear Assad…🙂

.

Berawal dari mimpi saya yg cukup sederhana “be kind & be rich”. Inilah yang akhirnya membawa saya kepada keputusan untuk berbisnis.. bisnis.. bisnis…Karena yang ada di kepala kita jika terbesit kata bisnis ujung ujungnya adalah uang atau money, sama aja yah hehehe… Tapi saya juga berpikir, apapun itu, kalo yang namanya bisnis pasti kan butuh modal, right? Modal di sini tentunya ya uang juga..

.

Wait, sebelum ngomongin tentang modal, saya ceritakan dulu bisnis yang saya inginkan seperti apa bentuknya. Jawabannya adalah bisnis showroom mobil, ini adalah mimpi saya sejak lama. Banyak orang lalu bertanya, “Kenapa ga bisnis yang lebih girly aja? Kaya online shopping, sepatu, salon, spa or anything yang berbau-bau wanita.

.

Tapi tekad saya sudah bulat. Berbekal dengan pengalaman yg sedikit banyak tau tentang jual beli mobil bertahun tahun,  jenis mobil, dan juga koneksi teman-teman yang sudah lebih dulu nyemplung ke bisnis ini, akhirnya kaki saya melangkah untuk bisnis showroom mobil pun tak terbendung lagi…hahahaha

.

Lalu hubungannya dengan sedekah apa ??  Begini ceritanya…

.

Balik ke cerita awal tentang modal, tentunya saya membutuhkan uang untuk memulainya. Minta ke orang tua sepertinya ”gak sreg” di hati ini, krn yang  saya inginkan adalah  mau memulainya dari awal, ngerasain perjuangannya, dan menikmati prosesnya. Tentu saja berbagi hasilnya kelak, InsyaAllah..

.

Lalu saya diskusi dengan teman tentang modal awal ini, waktu itu di sebuah mall di daerah Senayan sepulang kantor. Kemudian setelah diskusi, keluarlah sebuah angka yang setelah dihitung hitung, ditimbang timbang, dikalkulasi kalkulasi, diteken teken, di press press, adalah sebesar more or less 500 JUTA!!!!!! BUSEETTTTTTTTTT…..

.

Gede bangettttt… Padahal itu udah di press dan di teken teken yaaah….Tp memang segitulah modal untuk membangun sebuah showroom mobil. Mulai dari sewa tempat, belanja mobil, hiring karyawan, belanja aset aset showroom, dan tentunya printilan2 untuk showroom, juga saving dana cadangan juga harus ada di kas.

.

Sepulang dari ps, saya diem, lemes, sambil nyetir dengan tatapan kosong… untung gak nabrak !! Hehe.. Kaget lah budget nya besar juga ya untuk sebuah mimpi saya ini. Malam itu juga, saya niatkan tahajud… mau curhat dengan Dia….Alhamdulillah sekali saat itu, doa saya terjawab cepat dan dapat ide, ”Kenapa gak coba ambil kredit yah di bank?”

.

Niatan ini kemudian saya diskusikan dengan ayah dan beliau setuju selama saya bisa bertanggung jawab dan menjalankan dengan serius. Selanjutnya saya mencoba untuk memulai proses kredit ini di salah satu bank swasta umum, dan ternyata… SANGAT TIDAK MUDAH YA ALLAH….

.

Di bank pertama ini, setelah diproses selama 2 bulan, pengajuan kredit saya DITOLAK!! Huwaaaa sedih bgt rasanya saat itu. Tapi berkat support temen terdekat saya Rina, dan mama yg selalu nyemangatin, saya kembali berusaha lagi.

.

Kali ini saya masukkan aplikasi pengajuan kredit ke salah satu  bank asing yg cukup familiar. Hampir sama dengan bank sebelumnya yang memakan waktu proses kurang lebih 1 bulan, dan lagi lagi jawabannya, DITOLAK!! Saya nangis dan lemes bgt😦😦😦

.

Tidak menyerah, 3 hari setelah penolakan kedua ini, saya lagi lagi kekeuh memasukkan aplikasi kreditnya ke salah satu bank nasional…. Tentunya dengan doa dan usaha, sungguh suatu hal yang tidak mudah. Berkasnya banyak banget, belum lagi tetek bengeknya yg harus saya siapkan.

.

Tapi di sini saya benar-benar belajar menjadi seorang pengusaha. Memulai dengan keringat dan perjuangan yg sangat sangat tidak mudah saudara saudara…

.

Di bank ini, ada sedikit harapan untuk tidak ditolak…. tetapi dipersulit !! Ada aja berkas saya yg dianggap kurang, rekening koran saya lah yg kurang valid, sampai saya harus buat ke kelurahan surat keterangan belum menikah. Tahajud, shalat dhuha, dan shalat 5 waktu makin kenceng. Tapi saya sempet lupa satu lagi komponen penting yaitu sedekah.

.

H-5 sebelum penandatangan APPROVE nya kredit saya, ternyata masih ada 1 berkas lagi yg harus disetor….OH MY GOD !!!! Saya ingat saat itu jam 8 malam dan saya harus ke Rawamangun untuk pengurusan berkas ini, mana hujan deras banget, macet total dimana mana dan pikiran sudah tidak tenang. Saya berdoa, ”Ya Allah, jangan sampai di bank ini gagal lagi. Sudah 3 bulan saya menunggu dan berjuang untuk mimpi ini.”

.

Lalu saat sedang melamun, di lampu merah perempatan pramuka, ada seorang pengemis buntung yg sedang duduk dan kehujanan. Sontak saja saya langsung ngeluarin uang Rp 50 ribu terakhir yang ada di dompet dan saya pegang uang itu sambil berdoa, ”Yaa Allah mudahkanlah mimpiku, bantu cairkan kredit untuk bisnisku.” Uang itu langsung saya berikan dan si pengemis mencium uang itu di kepalannya saking senangnya. Alhamdulillah..

.

Dan……….

.

Selang 5 hari dari kejadian di lampu merah perempatan pramuka, kira-kira hari kamis saat itu, dan selasa depannya (which is 5 hari kemudian ya), saya dapat telfon dari bank yang menyatakan KREDIT SAYA DI APPROVE DI ANGKA 500 JUTA !!! SUBHANALAAAAHHH, saya langsung sujud syukur saat itu dikantor sampe temen-teman kantor pada bingung.

.

Perjalanan  pulang ke rumah saya ga henti-hentinya bersyukur dan menyebut nama-Nya, ”Yaa Allah alhamdulillah, You love me so much…. Thank youuu..” Sedekah saya yang 50 ribu itu, terjawab hanya dalam waktu selang 5 hari, dan di approve di angka 500 juta! Saya menyebutnya ini rezeki 555.

.

Ini benar-benar menjadi pengalaman saya yang tidak terlupakan. Anak seusia saya yang masih tergolong muda (24 tahun) akhirnya bisa mendapatkan approval kredit sebesar 500 juta, which is itu sangat besar. Semua ini karena Allah Swt, sedekah, doa dan usaha yang setebal baja, ga pantang mundur meskipun sudah ditolak 2x. Selama niat kita baik dan benar, yakinlah bahwa Allah Swt akan membukakan jalan-Nya untuk kita.

.

Dan kini, showroom mobil saya sudah buka, namanya JB Mobilindo, di Jl. Caman No 128 Jati Bening, Bekasi, Indonesia. Alhamdulillah..

.

Ini dia temen-temen, tampak depan showroom JB Mobilindo.

.

Dan ini waktu suasana syukuran peresmian JB Mobilindo. Saya dan partner bisnis showroom sedang tumpengan.

.

Overall, itulah cerita saya. 1 tips buat teman-teman, “Pancinglah rezeki kita dengan bersedekah sebanyak-banyaknya. Semakin banyak sedekah kita, semakin banyak rezeki kita, InsyaAllah.”

.

Untuk menutup cerita ini, ada 1 kalimat favourite saya dari Assad, “Berbisnis dengan Allah Swt dijamin gak akan pernah rugi!” Well, Subhanallah.. Alhamdulillah.. Itu benar sekali dan saya sudah membuktikannya! Terus bersedekah dan rasakan keajaibannya!

.

Bagi teman-teman lain yang punya kisah-kisah dahsyatnya sedekah yang lain yang lebih seruuu, bisa langsung kirim ke muh_assad@yahoo.com dengan Subject “SSS”. InshaAllah akan saya posting di blog ini dan yang menarik bisa masuk ke buku “Notes From Qatar 2” nanti okeee…

.

Best regards,

@MuhammadAssad

13 thoughts on “#SSS 9: Bisnis Showroom Mobil Terwujud!

  1. Subhanallah… hanya 1 kata yang bisa diucapkan, Engkau Maha Mengetahui apa yang diinginkan hambanya dan kita sebagai hamba harus tahu kewajiban apa yg harus dilakukan untuk mendekat kepada-Nya.

    jadi makin semangat untuk lebih banyak lagi bersedekah, good luck tuk bisnis nya ya, keep inspiring ya Assad, tetep semangat guys😀

  2. Iya insyaAllah… Mumpung selagi muda maka
    sukses dan kaya lah semuda mungkin…
    Bangunlah istana di dunia dan istana di surga
    kelak… InsyaAllah pasti ada jalan & cara

    Amin😉

  3. Mantab,,,

    Sedekah membawa berkah,, asal jangan lupa sholatnya, tahajjudnya and duhanya setelah yg kita mintaa sudah di dapat,,

    and one more yg paling penting,, jangan lupa kembalikan uang 500 jtnya ke bank yah,, hihiih ^^

    Sukses mbak…

  4. Subhanallah . . .

    Dari kisah ini keimanan saya terhadap kekuatan sedekah semakin menguat. Saya juga mengambil pelajaran, bahwa bantuan mudah-mudahan akan datang jika kita sudah benar-benar berusaha sampai titik darah penghabisan.

    Ya Allah, kuatkanlah kami🙂

  5. Belilah kesulitan mu dengan bersedekah….,ajib…ßя☺=)) …ane jg mw bk shorom…,cm ane gaa pnya mdl…,ane msh bingung…,cm ǝϑǝ dana 50jt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s