#SSS 8: Menjadi Juara Kompetisi!

#SSS (Sedekah Super Story) kiriman Faradina Putriyanti (@faradinaputri). Happy reading!🙂

.

Perkenalkan, nama saya Dina, saya mahasiswa koas tingkat akhir di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Jakarta.  Sebelumnya, saya mau ngucapin terima kasih banyaaakk karena Notes From Qatar sudah menginspirasi banyak orang termasuk saya sendiri, terutama dalam hal SEDEKAH, hehe. Pada di tulisan ini, saya mau coba berbagi pengalaman dalam hal sedekah yang Insya Allah bisa ikut menginspirasi pembaca lain untuk terus bersedekah.

.

Untuk hal sedekah, selama ini saya biasanya hanya bersedekah sekedarnya saja. terkadang menggunakan pembenaran bahwa saya masih mahasiswa dan belum berpenghasilan hehe. Sampai saya baca tulisan-tulisan di dalam blog Notes From Qatar barulah saya semakin mengerti akan keajaiban sedekah. Dan Alhamdulillah hal ini terjadi pada diri saya sendiri.

.

Awal Oktober 2011 saya diminta oleh pembimbing di kampus, untuk mengikut sertakan laporan kasus saya pada Forum Ilmiah yang akan diadakan oleh Kedokteran Gigi Universitas Trisakti. Saya pun sangat bersemangat untuk mempersiapkannya, karena selama ini saya belum pernah mengikuti kegiatan ilmiah seperti ini dan belum pernah memiliki prestasi berarti di kampus. Segala persiapan pun saya lakukan dengan dibantu oleh pembimbing saya. Persiapannya pun tidak mudah karena saya melakukannya di tengah jadwal kegiatan klinik yang cukup padat.

.

Sampai suatu ketika, terlintas di pikiran saya, “Apa gw nazar aja ya? kalo menang di lomba ini, gw akan sedekah deh.” Tapi saya pun berpikir lagi. “Emangnya gw ini siapa? Masa nunggu diberi dulu oleh Allah Swt baru setelah itu mau sedekah!” Saya pun membalik cara berpikirnya menjadi “Oke, sebelum lomba Insya Allah gw akan sedekah, apapun yang terjadi!”

.

Beberapa hari sebelum lomba, saat sedang shalat dengan Ibu saya di masjid dekat rumah, saya melihat standing banner Aksi Cepat Tanggap untuk bencana kelaparan di Somalia, dengan menyertakan nomer rekening untuk penyaluran sumbangan. Saya pun segera memotret banner tersebut untuk mengambil nomer rekeningnya. Keesokan harinya, saya mampir ke ATM dan mentransfer  hampir setengah dari uang jajan bulanan saya ke rekening tersebut, sambil membaca Bismillah tentunya.

.

Dan, tibalah saat saya harus presentasi di lomba tersebut. Presentasi dilakukan menggunakan media poster. Saya pun sempat minder karena ternyata peserta lain menggunakan bahasa Inggris dalam poster mereka, sementara poster saya menggunakan Bahasa Indonesia. Tapi ya sudah lah, semoga saya bisa lebih baik saat presentasi nanti.

.

Waktu presentasi pun tiba. Dan ternyata, salah satu jurinya adalah dosen saya di kampus, dimana beliau merupakan spesialis dari bidang yang saya presentasikan, dan merupakan senior dari pembimbing saya! *glek* Pasrah pasrah pasrah… Hanya itu yang bisa saya lakukan.

.

Alhamdulillah saya bisa menyampaikan presentasi dengan lancar. Namun, seperti yang sudah diduga, sang dosen saya yang menjadi juri ini mengajukan sebuah pertanyaan ajaib yang baru sekali itu saya dengar, dimana saya benar-benar tidak mengetahui jawabannya.

.

Duh, rasanya saya menyesal tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tetapi untungnya, untuk pertanyaan-pertanyaan lain Alhamdulillah bisa saya jawab dengan baik. Namun tetap saja rasanya satu pertanyaan tersebut masih mengganjal.

.

Setelah selesai presentasi presentasi, para peserta diminta menunggu selama sekitar 4 jam untuk pengumuman penenang. Saya pun akhirnya berputar-putar di sekitar area pameran karena sudah pasrah dengan hasilnya.

.

Dan, tibalah saat pengumuman. Yang mengumumkan ternyata adalah dosen saya tadi. Dimulai dari juara 3. Pemenangnya adalah teman-teman dari FKG Unpad, dimana sehari sebelum presentasi, saya melihat mereka berlatih di depan poster dan mereka presentasi dalam bahasa Inggris pula. Oke, tibalah juara 2, dimenangkan oleh teman-teman dari FKG Universitas Jember yang memanfaatkan limbah tahu sebagai obat.

.

Wah, sudah deh, rasanya saat itu saya sudah nggak kepikiran untuk menang. Apalagi melihat juara 2 dan 3 nya yang memang hebat menurut saya. Apalagi tadinya saya kira bisa dapet juara berapapun udah lumayan banget, nah ini kemungkinannya tinggal juara 1.

.

Dosen saya pun kembali mengumumkan, “Untuk juara 1 nya, dengan tema…. infeksi HIV oleh Faradina Putriyanti.” Waaaa, itu adalah presentasi saya!!! Senangnyaaaa hehehe… Saat itu juga saya langsung mengucapkan Alhamdulillah sambil tersenyum ke arah pembimbing saya😀

.

Alhamdulillah akhirnya poster saya mendapatkan juara 1 di kompetisi tersebut. Dan impian saya untuk memberikan prestasi bagi kampus saya dan orang tua akhirnya tercapai!!


.

Sebagai hadiahnya, panitia memberikan uang cash senilai Rp 5 juta rupiah, yang tentunya sangat berarti bagi saya yang masih mahasiswa hehe. Insya Allah uangnya akan saya pergunakan untuk membantu membiayai studi saya, dan tidak lupa juga untuk kembali bersedekah🙂

.

Demikian kisah saya ini, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk semuanya untuk selalu bersedekah, kapanpun dan dimanapun juga. Pertolongan Allah Swt pasti akan datang di saat dan waktu yang tepat menurut-Nya.

.

Bagi teman-teman lain yang punya kisah-kisah dahsyatnya sedekah yang lain yang lebih seruuu, bisa langsung kirim ke muh_assad@yahoo.com dengan Subject “SSS”. InshaAllah akan saya posting di blog ini.

3 thoughts on “#SSS 8: Menjadi Juara Kompetisi!

  1. Dina has been going through many changes to be better and better everyday. Saya sebagai temannya merasakan hal-hal pada dirinya yang semakin hari semakin baik, dari baik menjadi lebih baik dan selalu baik. Ditambah sekarang dia sangat menginspirasi saya, bahkan mungkin banyak orang di luar sana yang juga membaca ini. Alhamdulillah… Semoga kita semua bisa seperti dia🙂
    Congrats, Dina!🙂

Leave a Reply

