Wanita dan Hijab (2)

@NotesFromQatar is backkkk! Pada hari Jumat yang lalu saya telah menulis bagian pertama tentang Hijab. Bagi yang terlewat, bisa klik disini >> http://m.muhammadassad.wordpress.com/2011/09/30/wanita-dan-hijab-1/

.

Selain itu, seperti yang teman-teman sudah ketahui, saya dan team sedang menjalankan sebuah proyek bernama “99 Hijab Stories: A Beautiful Spiritual Journey”. Alhamdulillah, sejak di-launch Jumat lalu, proyek ini banyak mendapat dukungan dan respons yang sangat positif. Twitter @99HijabStories yang baru dibuat seminggu pun sudah menembus angka ribuan follower lebih.

.

Okey, tanpa banyak berbasa-basi, @NotesFromQatar kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang hijab, khususnya tentang manfaat dan hikmah dari memakai hijab.

.

Seluruh Alam Pun Berhijab

Secara umum, seluruh alam ini taat dan tunduk kepada Allah Swt. Hal ini tertera dalam firman-Nya, “Dan kepunyaan-Nya lah apa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya tunduk kepada-Nya.” (QS. An-Nuur [30]: 26). Hal ini bertujuan agar seluruh alam semesta dapat memberikan manfaat bagi sekitar.

.

Menariknya, secara khusus, ternyata seluruh alam semesta ini pun berhijab, atau dalam pengertian memakai pelindung / penutup, yang bertujuan agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan selamat dari hal-hal yang membahayakannya.

.

Berikut beberapa fakta menarik.

  1. Bumi diselimuti oleh atmosfer. Manfaat: melindungi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi, sinar ultraviolet, dsb.
  2. Organ tubuh manusia dilapisi oleh kulit. Manfaat: melindungi dari sinar matahari, radikal bebas dan memperbaiki sel-sel tubuh.
  3. Mata manusia memiliki kelopak, bulu mata serta alis. Manfaat: menjaga mata dari debu dan air, yang otomatis akan berkedip saat benda asing menghampiri.
  4. Rumah pasti beratap dan bertembok. Manfaat: melindungi dari panas, hujan, dingin, dsb.
  5. Janin manusia diliputi oleh air ketuban, rahim dan perut ibunya. Manfaat: menjaga si jabang bayi agar bisa berkembang dan tumbuh dengan sempurna.
  6. Pulpen selalu dengan penutup. Manfaat: menjaga tinta agar tidak kering dan tahan lama.
  7. Air mineral atau berbagai jenis minuman di kaleng maupun di botol pasti ada penutupnya. Manfaat: menjaga kemasan agar tetap bersih, jernih dan higienis.
  8. Semua jenis ikan, dari ikan teri ampe ikan hiu, semuanya dilapisi oleh sisik. Manfaat: melindungi dari benda-benda asing di laut, dan terkadang dari kejaran musuh ikan lainnya.
  9. Kerang memiliki cangkang yang kokoh. Manfaat: melindungi mutiara yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi
  10. Pisang dilapisi oleh kulit penutup. Manfaat: menjaga agar buahnya tetap enak, segar dan bergizi
  11. And the list goes on…

.

The point is that… Everything in this world, which is very precious, valuable and delightful, is covered. To taste the sweet nectar of oranges, you have to peel away their skin. To drink the refreshing water of coconuts, you need to drill down its skins. To gain access to the pearls, u have to dive deep down the ocean and open a clam. Right??

.

Selain itu, kalau kita lihat dari manfaat-manfaat yang ada di atas, hampir semua penutup itu berfungsi sebagai pelindung atau penjaga bagi yang ditutupnya. Saat penutup itu dibuka, maka rusaklah apa yang ada di dalamnya. Contohnya pisang. Saat pisang masih dengan kulit, maka akan terjaga kesegarannya. Tapi kalo sudah tanpa kulit, dibiarin sejam aja, langsung busuk dan penyok. Hilang sudah nilai dari sebuah pisang apabila kulitnya telah terlepas.

.

Monyet sekalipun, dia hanya mau makan pisang yang masih dibungkus kulit. Ga percaya?? Nih liat buktinya! Kulitnya baru dibuka kan?

Hello, my name is Momon and I love fresh banana

.

Nah, monyet aja tau barang bagus, yaitu yang masih terbungkus rapi. Masa kita kalah ama monyet? Hehehe..

.

Menutup aurat pun demikian, karena ini adalah perintah langsung dari Allah Swt, maka sudah pasti ada hikmah dan manfaat dibaliknya. Begitu banyak manfaat yang didapat, dan inilah 7 manfaat terbesar dari memakai hijab.

.

1. Tanda ketaatan wanita shalihah

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Allah Swt telah memerintahkan para wanita muslim untuk memakai hijab. Ini adalah sebuah perintah, dan ketaatan seorang wanita shalihah dapat diukur dari sejauh mana ia mentaati segala perintah yang datang kepadanya. Hal ini berlaku secara universal tanpa mengenal batasan umur, dan bukan saja bagi para wanita yang sudah menikah, namun juga bagi para gadis manis yang masih muda belia.

.

Beruntunglah jika teman-teman bisa termasuk dalam golongan wanita yang shalihah, karena wanita shalihah itu perhiasan paling baik di dunia yang mengalahkan tumpukan emas, perak, intan, ataupun kristal permata sekalipun. Perhiasan di sini bisa bermakna sebagai keindahan. Kemuliaannya digambarkan dalam hadits, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

.

Wanita shalihah memiliki peran yang sangat besar dalam keluarga, bahkan dalam membangun suatu bangsa. Kita sudah sering mendengar suatu ungkapan, “Di balik laki-laki yang hebat, pasti ada wanita yang hebat pula di belakangnya.” Khalifah Umar bin Khattab juga pernah mengatakan, “Laki-laki sukses itu dilihat dari dua hal, yang pertama siapa ibunya dan yang kedua siapa istrinya.”

.

Ini maknanya, peran wanita shalihah sangat signifikan. Bisa dibayangkan kalau saja di belakang semua laki-laki muslim di dunia ini adalah para wanita yang shalihah serta tangguh, tak terbayangkan betapa banyak kesuksesan yang bisa diraih. Maka tidak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa wanita itu adalah tiang negara. Jika sebuah gedung memiliki tiang-tiang yang rapuh atau bahkan patah, sudah pasti gedung tersebut akan hancur dan rata dengan tanah.

.

Maka beruntunglah bagi setiap laki-laki yang bisa mendapatkan wanita yang shalihah sebagai istrinya. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa diberi istri yang shalihah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan untuk meraih separuh agamanya. Hendaklah ia bertakwa kepada Allah Swt dalam memelihara separuh lainnya.” (HR. Thabrani dan Hakim)

.

2. Melindungi tubuh dan kulit dari radiasi ultraviolet

Sekarang mari kita belajar biologi. Meskipun dulu di kelas saya sering tidur waktu pelajaran biologi dan sering dihukum lari keliling lapangan, tapi ya masih lumayan ada yang nempel di kepala hehe..

.

Matahari adalah sumber kehidupan di muka bumi ini. Begitu banyak manfaatnya, seperti proses fotosintesis pada tanaman dan menghasilkan vitamin D yang berperan dalam pembentukan tulang. Bagi tubuh kita sendiri, sinar matahari akan bermanfaat jika dalam kadar jumlah yang sedikit. Sinar matahari yang berlebihan justru akan dapat membahayakan kulit.

.

Matahari menghasilkan radiasi kuat bernama sinar Ultra Violet (UV). Allah Swt menciptakan atmosfer dan lapisan ozon untuk menghambat sinar radiasi UV sampai ke permukaan bumi. Tapi permasalahannya sekarang adalah lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global. Kondisi ini menyebabkan sinar UV memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring oleh lapisan ozon.

.

Radiasi UV sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai kerusakan kulit secara permanen, seperti sunburn (kulit merah-merah), kulit terbakar, merusak DNA serta menyebabkan noda-noda cokelat. Hasil riset terbaru juga menunjukkan bahwa radiasi UV dapat menyebabkan kanker kulit.

.

Kulit mempunyai sistem perlindungan alami yaitu lapisan melanin. Semakin cokelat atau hitam warna kulit, maka semakin tebal lapisan melanin pada kulit. Namun bagi orang berkulit putih, harus hati-hati karena memiliki lapisan melanin yang lebih tipis dibanding orang kulit hitam, yang berarti rentan terhadap radiasi UV. Makanya, bersyukurlah bagi orang-orang yang ditakdirkan memiliki kulit hitam manis hehe..

.

Untuk itu diperlukan suatu perlindungan yang menyeluruh terhadap kulit, terutama kulit kepala kita yang setiap harinya langsung terkena sinar matahari. Caranya bagaimana? Ya dengan memakai jilbab! Tindakan preventif yang praktis, ga ribet, dan murah meriah bukan? jilbab berguna untuk menutupi kulit untuk meminimalkan sapuan sinar radiasi UV yang mengenai kulit. Jilbab juga mampu untuk mencegah penuaan dini akibat sinar matahari.

.

Berbagai produk kecantikan atau krim-krim pelindung kulit yang paling mahal sekalipun tidak akan mampu melindungi kulit secara total dari ganasnya sinar matahari, terutama radiasi UV. Untuk itulah, sangat dianjurkan bagi kaum wanita untuk melindungi kulit dan tubuhnya dengan mengenakan jilbab.Ternyata, jilbab bisa memberikan manfaat dunia dan akhirat! Jadi, mau pada cantik dan kulitnya mulus kan? Mudah saja.. Pakailah jilbab!

.

3. Seperti Bidadari Surga

“Dalam Surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia ataupun jin sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman [55]: 56)

.

Wanita mana yang tidak ingin menjadi bidadari Surga?? Ayo ngacuungg! Pastinya setiap wanita ingin menjadi seorang bidadari Surga. Jangankan bidadari Surga, bagi sebagian wanita, disamakan seperti Angelina Jolie atau Megan Fox aja senengnya udah setengah mati. Bahkan banyak yang mencoba mengikuti gaya mereka. Itu baru Angelina Jolie atau Megan Fox, gimana kalo disamakan seperti Bidadari Surga??

.

Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti seorang bidadari Surga, yaitu menundukkan pandangan, tidak mudah tersentuh dan senantiasa menjaga kehormatan diri dan keluarga. Dalam Al-Quran, digambarkan seorang bidadari Surga seperti permata yakut dan marjan atau laksana telur yang tersimpan rapi dan belum tersentuh.

.

Para bidadari Surga adalah wanita yang mulia. Di dunia ia menjadi cahaya bagi keluarganya, melahirkan generasi tangguh yang didambakan, dan di akhirat nanti, Allah Swt akan menjadikannya bidadari Surga. Inilah sosok wanita yang benar-benar dicari dan didambakan.

.

4. Terhindar dari pelecehan seksual

Pelecehan seksual yang kerap dialami wanita pada masa sekarang ini, sebagian besar karena berasal dari tingkah laku mereka sendiri. Ilustrasinya seperti ini nih… Misalkan ada 2 wanita yang sedang berjalan di pasar, sebut saja A dan B. Wanita A pake bikini dan wanita B memakai hijab. Lalu kalo ada pria iseng yang pengen godain, kira-kira instingnya bakal godain wanita A atau B?

.

Sebagai seorang pria, jawaban saya tentunya yang A dong hehee.. Kemungkinan wanita A untuk mendapatkan pelecehan seksual sangat tinggi. Pelecehan seksual disini bisa dari yang paling ringan seperti disuit-suit, atau yang paling berat, seperti diperkaos. Makanya tidak heran banyak sekali pelecehan seksual yang dialami oleh wanita, terutama di negara-negara bebas seperti Amerika ataupun Eropa.

.

Dengan memakai jilbab, akan mengurangi kemungkinan hal tersebut terjadi dan juga bisa menambah pahala! Coba perhatiin nih, Kalo misalkan ada cewe pas masih pake hot pants, cowo-cowo godainnya, “suiiittt.. suiiitt.. piwiitttt..” Tapi setelah cewe itu berjilbab, godainnya jadi, “Assalamu’alaikum Bu Hajii..” Nah, Enak kan? Keuntungan buat cewe itu, karena secara tidak langsung godaan itu malah berupa salam yang mendoakannya.

.

Wanita itu memang merupakan fitnah (godaan) yang paling besar bagi kaum laki-laki. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. “Sepeninggalku tak ada fitnah (godaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laku-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari)

.

Kalo wanita pada zaman Rasulullah saja yang konsisten memakai jilbab dalam kehidupannya sehari-hari tetap bisa menjadi fitnah terbesar bagi laki-laki, lalu bagaimana dengan wanita zaman sekarang yang sudah semakin ruarrr biasa??😀

.

Untuk itu, pakailah jilbab agar tidak digoda, ya meskipun itu memang bukan sebagai jaminan, tapi paling tidak mengurangi peluang tersebut terjadi. Di mata lelaki, wanita berjilbab lebih dihargai, dan biasanya lelaki agak segan untuk menggoda wanita berjilbab.

.

5. Lebih cantik dan kelakuan akan lebih baik

Wanita yang mengenakan berhijab akan terlihat lebih cantik, manis, imut dan unyu. Dari dalam dirinya, akan terpancar kecantikan dalam atau istilah kerennya “inner beauty”. Kecantikan sejati memang bukan hanya dari tampilan fisik luar, namun juga berasal dari hati yang bersih dan pikiran yang positif. Dengan berhijab, maka akan muncul segala aura kecantikan alami tersebut.

.

Selain itu, saat seseorang memakai hijab, InshaAllah kelakuannya akan lebih baik. Lebih dari 80% orang yang berhijab akan timbul dari dalam dirinya untuk lebih ingin memperbaiki akhlak dan sikap. Pastinya akan ada perasaan malu  saat berbuat yang tidak semestinya. Misalkan, masa pake jilbab tapi clubbing, kan ga lucu dong? Bisa-bisa malah menjelekkan namanya sendiri, dan pasti mereka ga mau itu terjadi.

.

Biasanya hijab akan menjadi seperti magnet dan alat control bagi yang memakainya. Nanti kalo mau aneh-aneh langsung deh diingetin temennya, “Woi lo kan pake jilbab, masa kelakuannya gini sih?” nah tu cewe yang pake jilbab pasti langsung sadar, “oh iya ya gw pake jilbab”😀

.

Temen-temen dan beberapa sahabat saya juga dulu waktu ga pake jilbab seneng banget pergi sana sini loncat sana sini. Tapi pas udah pake jilbab, meskipun waktu awal-awal masih ada, tapi lambat laun perilaku itu berubah seiring bertambahnya umur mereka. Mungkin udah pada sadar dan tobat juga hehee..

.

Kesimpulannya, seluruh perempuan itu cantik, yang membedakan hanya akhlak dan perilakunya saja. Dengan berhijab, InshaAllah pemakainya akan selalu berusaha untuk terus istiqomah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menjaga perilaku serta tindakan kita untuk berbuat kebaikan

.

6. Identitas sebagai seorang muslimah jelas

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab [33]: 59)

.

Dengan menggunakan hijab, maka identitas wanita tersebut akan lebih mudah dikenali dan sangat jelas sebagai seorang muslimah. Otomatis orang-orang di sekitarnya akan lebih menghargai dan memperlakukannya sebagai seorang muslimah.

.

Wanita yang memakai hijab pun biasanya dijaga oleh Allah Swt. Biasanya nih ya, kalo orang pake jilbab masuk ke restoran yang ada unsur babinya, pasti langsung diingatkan oleh petugasnya, seperti “maaf bu, di restoran ini tidak halal karena ada si b-a-b-i”.Nah jadi dengan berjilbab, InshaAllah kita akan terjaga dan makanan yang masuk ke tubuh kita pun halal, enak kan?

.

7. Peluang Bisnis Yang Dahsyat

Ini manfaat ke-7 yang sangat luar biasa, tapi banyak orang yang mungkin tidak melihatnya. Sebagai seorang dengan berlatar belakang bisnis, saya melihat sebuah peluang dari pertumbuhan busana muslim yang akan terus meningkat. Tentunya ini berdasarkan data dan fakta. Saat ini, nilai transaksi global busana muslim mencapai 100 miliar USD per tahun atau sekitar 900 Triliun Rupiah. Dari jumlah itu, transaksi di industri busana muslim Indonesia mencapai 10 miliar USD, atau sekitar 90 Trilyun Rupiah! Can’t you see how big the market is?

.

Selain itu, ada 5 faktor pendukung kenapa Indonesia sangat potensial untuk industri ini. Pertama, dari sisi potential market, sekurang-kurangnya ada sekitar 87% penduduk Indonesia yang beragama Islam. Kita adalah negara dengan penduduk muslim TERBESAR di dunia. Kalo jumlah total penduduk 230 juta, berarti ada sekitar 200 juta lebih penduduk muslim. Kita ambil paling rendahnya saja, kalo ada 1 juta orang saja wanita yang memakai hijab, apa itu bukan menjadi peluang bisnis yang sangat luar biasa?

.

Kedua, busana muslim sekarang telah menjadi fashion lifestyle yang mendunia dan salah satu ikon bisnis fashion global yang turut digarap perancang dari rumah mode terkenal seperti Hermes dan Gucci. Mereka sudah banyak yang mencoba masuk ke pasar dunia muslim, terutama Asia dan Timur Tengah. Sangat disayangkan kalau pangsa pasar yang begitu luar biasa besarnya ini tidak dimanfaatkan oleh para designer muslim, terutama Indonesia. My dream, stempel “Made In Indonesia” harus ada dimana-mana!

.

Ketiga, fashion busana muslim Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi kiblat fashion busana muslim dunia, karena negara ini memiliki berbagai keunikan dan ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh negara manapun. Untuk itu, para designer / calon designer muslim yang akan masuk ke pasar ini harus bisa meningkatkan daya saing dan memenangkan kompetisi pasar, baik di dalam negeri maupun pasar global. Kreativitas dan terus berinovasi adalah kuncinya.

.

Keempat, bergesernya busana muslim dari busana musiman menjadi busana harian. Dulu orang pake jilbab biasanya kalau mau pergi ke kondangan, pengajian, atau pas bulan Ramadhan, Idul Fitri & Idul Adha. Tapi sekarang ada indikasi kuat naiknya tingkat kesadaran masyarakat, terutama wanita muslim, untuk menjalankan syariat. Hal ini bisa terlihat dari meningkatnya orang yang menggunakan busana muslim dalam setiap event. Bahkan kini memakai jilbab menjadi sarana untuk mempercantik diri.

.

Kelima, belum adanya usaha skala besar dalam industri busana muslim. Jika saja ada pengusaha atau investor besar yang berani masuk dalam industri ini dan dilakukan secara professional, saya yakin 1000% industri ini akan meningkat pesat. Karena selama ini industri garmen muslim dihasilkan dari home industry skala rumahan. Kalau saja bisa dilakukan secara mass production, pastinya bisa menekan cost dan control quality lebih oke. Belum lagi kalo didukung dengan marketing dan distribusi yang handal, udah pasti top!

.

Selain itu, belakangan ini kalo saya perhatikan, trend fashion baju muslim lebih terdengar gaungnya dibanding fashion lainnya. Dengan beragam model pakaian, bermacam gaya hijab, bervariasinya bahan dan warna baju muslim membuat pamor Islam terangkat dan menaikkan gengsi busana muslim. Kita harus tunjukkan bahwa Islam bukan hanya dekil, kumuh, dan kotor. Tapi Islam adalah agama yang mengajarkan kebersihan, keindahan dan kecantikan.

.

Coba bayangkan, kalau industri ini jalan dari hulu ke hilir, akan banyak sekali yang tertolong. Dari mulai para pengrajin, para penjahit pakaiannya, para distributor, hingga ke customer. Secara tidak langsung kita juga akan banyak membantu para penjahit pekerja garmen agar terus memiliki pekerjaan dan menyambung hidup mereka. Roda perekonomian pun akan terus produktif.

.

Pada akhirnya, fenomena ini harus ditangkap sebagai sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Siap menangkap peluang ini?

.

Baiklah teman-teman semua, sekian dulu tulisan part 2 tentang hijab. Panjang juga tulisannya ya hahaha.. Minggu depan saya akan menutup tulisan tentang hijab dengan membahas “Top 10 Most Reasons” orang belum memakai hijab. Menarik bukan? Tunggu terbit edisi Jumat depan!😀

.

Bagi yang terlewat tentang project @99HijabStories Jumat lalu, silahkan dibaca di bawah ini ya…

.

Call For Applicants: 99 Hijab Stories

Assalamu’alaikum teman-teman semua, khususnya gadis-gadis manis yang memakai hijab. Saat ini saya dan team sedang mengerjakan proyek terbaru bernama “99 Hijab Stories: A Beautiful Spiritual Journey”.

.

Ini adalah judul buku yang nantinya akan berisi cerita-cerita inspiratif dan menarik dari 99 orang wanita muslimah yang memutuskan memakai hijab di usia muda. Catat, USIA MUDA. Para wanita muda ini tentunya adalah orang-orang yang mampu membuktikan bahwa memakai hijab tidak menghalangi diri mereka untuk tetap berprestasi dan berkarya.

.

Tujuan utama buku ini adalah untuk menginspirasi kaum wanita Indonesia, khususnya generasi muda, agar yakin dan mantap bahwa berhijab adalah suatu pilihan tanpa paksaan yang bisa memberikan banyak manfaat. Buku ini adalah salah satu cara berdakwah secara modern di era sekarang ini. Kita tidak mungkin lagi menggunakan cara-cara konvensional dan out-to-date.

.

Saya percaya bahwa buku yang baik bukan bukan berdasarkan berapa jumlah oplah yang terjual, namun berapa banyak orang yang mendapat manfaat dari buku tersebut. Untuk itu, saya mengerjakan proyek ini dengan serius dan tidak main-main. Because if I do something, I will do it in a perfect way. Otherwise, I won’t do it at all.

.

Saya menargetkan dalam setahun, minimal 1,000 orang wanita muslim di Indonesia akan memakai hijab setelah membaca buku ini. Kalau lebih gimana? Alhamdulillah bangettts!

.

Lalu siapa aja yang akan masuk ke dalam list 99 orang ini? 50% nya akan saya ambil dari kalangan public figure, dan saat ini Alhamdulilah saya sudah banyak mendapat dukungan dari relasi dan jaringan teman-teman artis, designer, model, pebisnis, womanpreneur, pejabat, dan public figure lainnya. Penasaran siapa aja mereka? Tunggu sampai bukunya terbit!

.

Sisanya 50% lagi berasal dari masyarakat umum, termasuk teman-teman yang sedang membaca ini. Karena saya yakin banyak sekali cerita menarik & inspiratif dari teman-teman yang bisa menginspirasi orang lain. InshaAllah ini akan menjadi tabungan amal jariah teman-teman di akhirat nanti. Jadi bukan hanya rekening tabungan di dunia aja yang diperbanyak, tapi juga harus banyak menabung untuk bekal akhirat.

.

Coba bayangkan, kalau nanti cerita teman-teman bisa menginspirasi minimal 1 orang wanita untuk memakai hijab dan menutup auratnya seumur hidupnya, apa ga bakal ngalir terus itu pahala ke kita? Itu baru 1, bagaimana kalo ternyata ada 10, 100, bahkan 1,000 orang? Wuihhh ga bisa dibayangkan! Ini yang namanya passive pahala, dimana kita tidak mengerjakan apa-apa, namun pahala terus mengalir. Asik kann? :D

.

Oke, seperti ini aturannya bagi yang ingin mengirim ceritanya, simple aja..

  1. Harus wanita. Untuk pria, setampan apapun anda, mohon maaf tidak bisa.
  2. Usia di bawah 35 tahun
  3. Status bebas (single, double, triple, married)

.

Ada 5 pertanyaan yang harus dijawab dalam cerita yang akan ditulis. Selain dari pertanyaan di bawah ini, teman-teman bebas bercerita apa saja tentang kisah hijabnya, ga usah terpatok dengan pertanyaan yang diberikan.

  1. Ceritakan sedikit profile tentang diri anda (nama, tempat & tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, aktivitas kegiatan sehari-hari)
  2. Bagaimana awal mula cerita anda berhijab? Hal apa yang menginspirasi anda?
  3. Apa ada tantangan/kesulitan  setelah berhijab? Bagaimana anda menyikapi hal itu?
  4. Secara keseluruhan, bagaimana kehidupan anda setelah berhijab? (bisa dilihat dari berbagai macam aspek, seperti kepribadian dan sikap / karir / rezeki, dll)
  5. Apa saran bagi teman-teman lain yang ingin berhijab tapi masih belum yakin? (give your best advice and convince them to wear hijab)

.

Cara pengiriman:

  1. Tulis cerita dalam file Micrososft Word, 750-1200 words, font 11 Arial.
  2. Sertakan 2 foto bebas yg high resolution (close up + seluruh badan). Foto ini nantinya akan dimasukkan ke dalam buku jika cerita anda terpilih.
  3. Kirimkan cerita dan foto tsb ke email 99hijabstories@gmail.com  paling lambat tanggal 15 November 2011.

.

Jangan nunggu lama-lama, segera tulis dari sekarang dan kirimkan. Lebih cepat lebih baik!

.

Untuk info lebih lanjut, silahkan follow akun twitter @99HijabStories karena di sana akan update terus mengenai info ini, atau bisa juga melalui email 99hijabstories@gmail.com.

.

Best regards,

@MuhammadAssad

23 thoughts on “Wanita dan Hijab (2)

  1. GREAT..charge up my faith,,Alhamfulillah habis baca bLog assad aku jd semakin yakin utk tdk melepas hijab ini Insya ALLAH..walaupun godaan byk sekali yg datang menghampiriku dgn kata2 “heey..u look so cute n beautifull without hijab”.

  2. Alhamdulillah, bukan suatu kebetulan bisa membaca blog Assad, hanya Allah swt lah yg sdh menunjukannya, semakin bersyukur telah mampu melewati cobaan setelah setahun berhijab . Ganbatte Assad, berkah untukmu dan para pembacanya….bravo!

  3. Alhamdulillah salut bwt assad mdh2an kami yg b.hijab tetep istiqomah sampe akhr hayat, insyaallah jd salah satu jln syiar ni apalg d lingkungan krja yg mayoritas non muslim………..smoga proyek dakwahnya assad sukses

  4. Kak Assad, monyetnya sukses bikin saya reflek ketawa ngakak-ngakak haha kepikiran aja sampai ke situ ya kak Assad.. Great!

  5. assalamualaikum
    halo..salam kenal
    senang sekali baca tulisannya tentang hijab ini, inspiratif sekali tulisannya ringan terutama disaat menjelaskan tentang Everything in this world, which is very precious, valuable and delightful, is covered..wah suka banget bagian ini sebab pengambilan contohnya itu looh gak jauh jauh, sesuatu yang berada disekitar kita juga..mantap deh g bikin kita sulit berpikir perumpamaannya simple tapi bener dan luar biasa..good job😀

  6. Tulisan yang bagus kak, semoga indonesia menjadi negara yg indah dan wanitanya berhijab semua, hitung” ngurangin kriminalitas.. hhe

    Nice Post kak, lanjut gan !😀

  7. Bismillah….
    “Keren” satu kata yang menggambarkan begitu indahnya artikel ini.
    jadi terharu, dan semakin tertohok karena pria yang nulis artikel ini.

    sukses selalu….di tunggu artikel2 selanjutnya…

  8. Adduhhh….saya masih bingung nih soal berhijab yang benar di Indonesia, soalnya disekitar komplek saya banyak wanita yang sudah pakai cadar Apakah harus seperti itu seorang muslim dalam melaksanakan syariah?meski kita bukan di negara arab? Trus bagaimana bisa seorang wanita muslim mengikuti tren baju muslim, kalau busananya saja harus berwarna hitam-hitam plus cadar bahkan burqa?

  9. Asalamu’alaykum,
    Hi Assad! really like your style of writing!
    Similar with mine. Nice article tapi kayaknya masih ada yang kurang. Sorry, baru tau projek buku kamu ini tahun 2012, jadi aku nggak sempet kirim ceritaku. Padahal banyak yg mau dishare terkai dengan hijab dan hijab jaman sekarang🙂

  10. baarakallahu fiik akhi assad…
    semoga Allah semakin membuka karunia-Nya kepada anda, dan untuk terus berdakwah keep spirit bro…

  11. beberapa kesimpulan tentang hukum cadar. semoga bermanfaat…

    Pertama, wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian para wanita sahabat. Sehingga merupakan sesuatu yang disyariatkan dan keutamaan.

    Kedua, membuka wajah juga dilakukan oleh sebagian sahabiah (shahabat dari kalangan muslimah). Bahkan hingga akhir masa kehidupan Nabi shallallahu ‘alaihin wa sallam, dan berlanjut pada perbuatan wanita-wanita pada zaman setelahnya.

    Ketiga, seorang muslim tidak boleh merendahkan wanita yang menutup wajahnya dan tidak boleh menganggapnya berlebihan.

    Keempat, dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan kewajiban wanita untuk berhijab (menutupi diri dari laki-laki) dan berjilbab serta menutupi perhiasannya secara umum. Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang tidak mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan aurat yang harus ditutup.

    Inilah jawaban kami tentang masalah cadar bagi wanita. Mudah-mudahan kaum muslimin dapat saling memahami permasalahan ini dengan sebaik-baiknya. Wallahu a’lam bishshawwab.

    Baca Artikel Sebelumnya:
    Dalil yang mensunnahkan cadar adalah sebagai berikut:
    http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-tidak-mewajibkan-3.html
    http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-tidak-mewajibkan-4.html
    Sedangkan dalil-dalil yang mewajibkan cadar adalah sebagai berikut:
    http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-mewajibkan-1.html
    http://muslimah.or.id/fikih/hukum-cadar-dalil-dalil-ulama-yang-mewajibkan-2.html

    ***

    Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.
    Sumber: Kumpulan tulisan ustadz Kholid Syamhudi
    Dipublikasikan kembali oleh http://www.muslimah.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s