#SSS 2: Dibalas Kontan 30x Lipat!

Halo teman-teman, saya beberapa hari yang lalu dapet email dari salah seorang follower di twitter dengan account @QinaRie atau bernama lengkap Arie Darmawulan Pramono. Isinya menceritakan bagaimana sedekah yang dia lakukan langsung dibalas kontan oleh Allah Swt sebanyak 30X LIPAT.

.

Semoga cerita di bawah ini bisa menjadi penyemangat kita untuk terus bersedekah, dan semakin yakin bahwa yang namanya sedekah itu PASTI dibalas, ga pake InshaAllah lagi. Balasannya berapa? minimum 10x lipat, dan maksimum TIDAK TERHINGGAAA…!!

.

Jgn kebanyakan mikir kalo mau sedekah.. Just do it and great things will come to your life!Selamat membaca!🙂

.

Assalamu’alaikum wr. wb.,

Assad, aku mau cerita tentang keajaiban sedekah yang kualami..

.

Cerita berawal dari bulan puasa Agustus lalu, pada saat lebaran tinggal 2 minggu lagi. Sekitar tanggal 15 Agustus, suamiku nerima THR, ya kupikir cuma THR biasa aja, ternyata gaji yang harusnya diterima tanggal 25 Agustus juga diberikan pada saat itu juga. Jadi di tangan sekarang ada duit THR beserta gaji.

.

Lalu dalam hati aku berpikir, waah perjalanan hidup untuk sampe tanggal 25 Sept berarti lebih panjang nih karena duit sampe tanggal segitu udah di tangan, sementara aku n suami adalah tipikal pribadi yang seneng jajan dan boros kalo pegang uang banyak.

.

Setelah lebaran selesai, bener aja kejadian. Setelah beli ini itu, ngasih THR ke sodara2, makan2, belanja2 dan keperluan lainnya, akhirnya uang yang tersisa untuk biaya operasional keluarga seperti masak dan transport nyaris habisss, padahal gajian tanggal 25 September masih lamaaaaa benerrrrr. Akhirnya aku pinjem uang deh sama sodara untuk kelangsungan hidup di rumah dan dapur bisa tetep ngepul hehehe…

.

Setelah menunggu, akhirnya gajian suamiku tanggal 25 September datang juga. Pas gajian kemaren itu setelah dipos-posin untuk bayar cicilan rumah, listrik, tabungan pendidikan, pulsa, belanja bulanan, dan tentu saja bayar utang ke sodaraku, ternyata oh ternyata.. sisanya tinggal 200 ribu.. aku pusiinng pusiiiiing😥

.

Bingung dan ga tau, kok jd banyak gitu pengeluarannya ya???

.

Dalam hati ku berfikir, “Ini pasti untuk masak sebulan harus pinjem uang lagi nih, dan bulan depan pas gajian pasti gajinya juga langsung abis lagi.” Akhirnya uang yang 200 ribu itu aku bagi 2 ama suamiku.

.

Kata suamiku, “Maaf yah Bun, sabar ya untuk 2 bulan ke depan, keuangan kita akan begini dulu sementara karena ada beberapa tagihan yang harus dilunasin, supaya hidup kita juga lebih baik. Kamu ga usah mikirin uang masak, nanti aku usahain cari, pokoknya kamu tenang aja.”

.

Aku bilang, “Iya Ayah, InshaAllah pasti ada rezeki kok dari Allah Swt, yang penting kita terus berusaha, berdoa dan sabar.”

.

Otakku terus berpikir, uang yang ada 100 ribu di kantong ini mau diapakan. Akhirnya aku pecah jadi 2, yang 50 ribu aku keep dan sisanya 50 ribu aku mau sedekahin, sambil berdoa semoga Allah Swt membalasnya setidaknya 5x lipat aja untuk ‘nyawa’ di dapur hehehe..

.

Aku terinspirasi dari tulisan assad di @NotesFromQatar yang bilang, “Sedekah yang bener-bener sedekah itu kalo apa yang kita keluarin itu terasa beraattt bgt di diri kita, apalagi kalo lagi bener-bener ga punya uang dan pas-pasan!” Aku inget waktu itu Assad sedekah ke janitor di masjid di kampus, dan pada saat itu Assad cuma punya uang segitu-gitunya aja. Akhirnya Allah Swt langsung ganti dengan balasan tiket business class gratis pulang pergi Doha-Jakarta-Doha!

.

Waktu aku mau sedekah yang 50 ribu ini aku sempet mention ke @MuhammadAssad di Twitter dan alhamdulillah dibalas oleh Assad dengan penuh keyakinan, “Udah sedekahin aja, Bismillah”, karena waktu itu aku masih belum yakin betul kalo sedekah tapi mengharapkan balasan itu boleh. Takutnya malah jadi ga ikhlas sedekahnya.

.

Akhirnya uang 50 ribu itu aku sedekahin ke Adit, keponakanku anak yatim, dan kali ini bener-bener dinatin sedekah, meskipun tiap bulan Adit sering aku kasih uang jajan, tapi ga pernah diniatin sedekah, ya cuma emang karena pengen ngasih aja. Setelah sedekah ke Adit, aku lalu berdoa dalam hati dan berharap dari Allah Swt bahwa semoga sedekahku ini bisa membara kebaikan dan melipatgandakan rezeki yang halal dan barokah bagi aku dan keluarga. Setiap shalat juga aku selalu berdoa meminta rezeki tambahan untuk bulan ini supaya bulan depan ga kekurangan lagi.

.

Lalu pada tanggal 28 September, atau sekitar 5 hari setelah aku bersedekah, Allah Swt langsung menunjukkan kekuasaan-Nya. Lalu aku dapet kabar via bbm dari suamiku yang katanya tiba-tiba dia dapet bonus dari kantor sebesar Rp 1,5 juta!! Selama suamiku kerja di sana, jaraaaaang banget dapet bonus kaget kaya gini, meskipun memang pernah tapi itu duluuuu udah lama bangett..

.

Subhanallaaah!! Aku lalu tersadar, bahwa ini adalah balasan dari janji Allah dari sedekah yang aku lakukan 5 hari yang lalu. Aku bener-bener ga bisa berkata-kata apa lagi, dan sampe nangis berkaca-kaca pas bbman dengan suamiku. Percaya tidak percaya, tapi ini nyata terjadi dalam hidupku!

.

Mungkin untuk Assad atau beberapa orang lain, uang 1,5 juta nilainya sedikit, tapi buat aku yang cuma ibu rumah tangga biasa, nilai uang tersebut sangat besar banget, karena bukan hanya bisa untuk kelangsungan masak 1 bulan ke depan, tapi sisanya juga bisa aku sisihin untuk masuk ke tabungan pendidikan Qina, anakku.

.

Setelah aku hitung-hitung balasan dan janji Allah Swt, balasan yang aku terima besarnya 30x lipat dari sedekah yang aku lakuin. Aku sedekah Rp 50 ribu, dan Allah Swt langsung bayar kontan Rp 1,5 juta!

.

Subhanallah, ini bener-bener aku alamin sendiri, dan Allah Swt betul-betul menepati janji-Nya untukku, dan itu hanya dalam waktu 5 hari. Dia selesaikan segala permasalahanku dengan cara-Nya yang sangat luar biasa dan di luar pikiranku. Untuk seterusnya, aku semakin yakin dengan keutamaan bersedekah dan tidak akan berhenti melakukannya. Bukan hanya mengharapkan balasan, tapi ini adalah sebagai salah satu rasa bentuk syukur aku kepada-Nya.

.

Makasih banyak Assad untuk tulisan-tulisanmu yang penuh inspirasi dan mendidik kami semua agar menjadi lebih baik di mata Allah Swt. Semoga share pengalaman sedekahku bisa bermanfaat dan membuktikan bahwa sedekah TIDAK AKAN PERNAH membuat seseorang menjadi miskin. Namun sebaliknya, PASTI akan bertambah kaya raya, karena Allah Maha Pemberi.

.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

.

Arie Darmawulan Pramono / @QinaRie

@arie_darmawulan@yahoo.com

Perum Legok Permai Cluster Angsana Blok A1/C16, Tangerang

087772640333

————————

Wuiihhh bagaimanaaa sudah dibaca ceritanyaa?? keren kann? saya aja waktu bacanya sampe merinding juga, dan melihat betapa Allah Swt tidak akan pernah menyia-nyiakan hamba-hambaNya yang bersedekah. Semoga share pengalaman di atas bisa bermanfaat dan membuktikan bahwa sedekah TIDAK AKAN PERNAH membuat seseorang menjadi miskin. Namun sebaliknya, PASTI akan bertambah kaya raya, karena Allah Maha Pemberi, Maha Kaya, dan Maha Mengayakan.

.

Dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa sedekah itu ibarat pinjaman yang kita berikan kepada Allah Swt. Nah kalo yang namanya pinjaman, apalagi yang minjam itu Allah Swt, ya udah kita ga perlu khawatir, karena PASTIIII akan dibalasss! Dan balasannya itu ga tanggung-tanggung, buktikan saja!🙂

.

Baiklah bagi teman-teman yang mempunyai kisah-kisah nyata lainnya tentang dahsyatnya sedekah, silahkan kirim ke email saya di muh_assad@yahoo.com agar semakin banyak saudara-saudara kita yang lain yang percaya dengan janji dan kebesaran Allah Swt.

.

Kalimat penutup dari saya, “Sedekah itu bisa membeli semua keinginan kita!”

.

Salam olahraga!😀

.

Best regards,

@MuhammadAssad

33 thoughts on “#SSS 2: Dibalas Kontan 30x Lipat!

  1. mas assad..sampai sekarang saya masih bingung kalau bersedekah sambil berharap balasan dari Allah. Apakah nggak apa kesannya pamrih?jadinya selama ini saya bersedekah ya memang niatnya berbagi tanpa minta apa-apa…ikhlas begitu aja. Salah nggak sih ya?yang bener gimana nih mas?

  2. Asslm assad, aq salah satu penggemar notes from qatarny assad, maaf sblmnya aq mau nanya n minta pendapatnya assad, gmn kl kita memberi hewan2 yg kta pelihara d rmh sm yg di luar kyk kucing, anjing yg laen jg mgkn yg ikut mkn bs ja burung semut2…..kira2 kl niat kta sedekah bs g ya sad…….atw k org yg maaf notabene non-muslim…. Wass tk sblmnya……..

  3. Subhanallah luar biasa mas assad, saya percaya sedekah dapat membeli semua kesulitan dan hajat kita, pengalaman saya ketika berjualan kue..sebelum ada pembeli datang saya bersedekah 5 rb kepada orang cacat, dan alhamdulillah 4 jam berjualan bisa mendapat omset bersih 125 rb. Brati dibalas 25 X Lipat..Luarr Biasa Alllahu Akbar🙂

    Oya buat temen2 yg masih ragu buat sedekah, bisa baca bukunya mas Ippo Santosa : 7 Keajaiban Rejeki dan Percepatan Rejeki, Inspiring Book🙂

  4. Subhanallah memang keajaiban sedekah…. Pun saya sendiri mengalami nya berkali-kali. Sejak merasakan luar biasa balasan sedekah… Malah jd ketagihan… Dan selalu saja balasan yg berlipat2. Alhamdulillah. Sedekah dlm keadaan berat mmg nikmat… Semangat bersedekah bkn untuk balasan berlipat tp u barokah… Sangat disayangkan ganjaran yg diperolah hanya d bumi tp nihil d akhirat… Go ikhlas….

  5. Assalamualaiku…wr. Wb
    kenalin nama saya jurmansyah roy dipanggil juroy…saya mau bercerita tentang dasyatnya sedekah…kisah ini saya alami sekitar beberapa tahun yang lalu…saya bekerja di salah satu MAL di samarinda, saya bekerja sebagai karyawan toko hand phone,kebetulan karna saya kuliah pagi di Universitas 17 agustus 1945 samarinda, jadi tiap hari saya bekerja kena sif malam mulai dari jam 4 sore sampai jam setengah 10 malam…karna saya membiayai sendiri kuliah saya jadi mau tak mau saya harus bekerja sebagai karyawan toko hand phone di MALL,,,saya bekerja sudah hampir 6 tahun mulai dari awal lulus SMU tahun 2004 hingga sampai semester 8 saya kuliah…dan karna saya kerjanya malam jadi selama 4 tahun itu saya ngk pernah jalanin sholat tarawih berjamaah sebulan penuh dengan sempurna kecuali hari minggu saat saya kena sif pagi makanya saya bisa sholat tarawih malam harinya karna sebulan ada 4 minggu jadi hanya 4x kesempatan saya untuk sholat tarawih…jadi pas waktu sampai bulan Ramadhan berikutnya akhirnya aku putusin buat ambil cuti 1 bulan penuh selama bulan Ramadhan akhirnya seminggu sebelum ramadhan tepatnya setelah saya terima gaji akhirnya saya minta cuti sebulan penuh selama ramadhan…saat itu gaji saya hanya 800ribu dalam hati saya berdoa semoga uang gaji saya cukup buat sebulan kebetulan saya belum menikah jadi belum ada tanggungan, setelah menerima gaji saya langsung belanjain sebagianbuat beli baju,celana, sendal, buat perlengkapan hari lebaran nanti…kalau ngk salah setelah belanja masih ada sisa 550rb…hari demi hari saya lalui dengan rasa bersyukur karna tahun ini saya bisa sholat tarawih berjamaah ya walaupun mungkin saya tidak akan dapat uang THR karna saya cuti dibulan ramadhan namun saya tetap merasa bersyukur tahun ini ibadah puasa saya lebih sempurna dibanding tahun2 sebelumnya,hari berganti hari tak terasa sudah sampai pertengahan bulan ramadhan…walaupun saya belum menikah namun saya memiliki seorang some one yang selalu aku beliin baju lebaran tiap bulan ramadhan tepatnya menjelang 10 hari lagi lebaran…setelah aku irit2in pengeluaran uang didompet tinggal 350rb…aku tak tau mesti gimana lagi kalau tahun2 sebelunya saya selalu gunain uang THR buat belanjain baju untuk some one tercinta…tahun ini kayaknya ngk ada lagi uang THR,,,jadi saya putusin sebelum uang saya yang 350rb ludes mending cepat2 saya ajakin pacar saya belanja baju lebaran,untungnya aja pacar saya orangnya pengertian dan ngk nuntut yg macam2 cukup satu stel pakaian muslimah udh cukup, setelah belanja uang didompet tinggal 150rb,,,pas mau pulang dari toko pakaian tiba2 saya ingat ama ponakan2 saya 4 orang yang tahun ini ngk bisa beli baju lebaran karna bapaknya sudah ngk bekerja lagi karna di PHK 2 bulan yang lalu, tanpa pikir panjang saya keluarin lagi 100rb buat beliin baju ponakan2 saya yg masih kecil2 kebetulan lagi ada diskon jadi 4 pasang hanya 100rb…?sesampainya dirumah baju yg udah saya beli langsung saya serahin ke ibunya ponakan2 saya yg tak lain kk kandung saya sendiri,,,betapa bahagianya wajah kakak saya melihat baju2 buat anak2nya yg barusan saya beli,,,walaupun uang didompet tinggal 50rb tapi saya bersyukur bisa bahagiain orang2 terdekat saya…dan ini lah kejadian yang ngk akan pernah saya lupakan sesuatu hal yg ngk pernah saya sangka2 bahkan tak sedikitpun terlintas dalam pikiran saya setelah sholat magrib dimasjid dan menunggu sholat isya dan tarawih saya sempatkan diri membaca al-qur’an tak lama kemudian hand phone saya berdering panggilan masuk setelah saya angkat ternyata pak ucok salah seorang staf di untag 1945 samarinda yg bertugas sebagai pengelola beasiswa untuk para mahasiswa mengabarkan kalau uang beasiswa saya telah cair,besok saya mesti ke Bank buat mengeceknya langsung kata pak ucok,,,saya tak kuasa menahan kegembiraan dalam hati saya,,berkali2 saya ucapkan subahanaullah…memang benar janji Allah tentang sedekah bahkan Allah langsung menggantinya hanya dalam hitungan jam,,,setelah keesokan harinya saya langsung bergegas ke Bank mengecek uang beasiswa saya dan ternyata benar uang direkening saya sudah ada 1,5 juta…sesampainya dirumah uang beasiswa tadi saya keluarin lagi zakatnya 2,5 persen, serta zakat fitrah…dan tak lama saya keluarin zakatnya hand phone saya berdering lagi saat saya lihat ternyata Bos tempat saya bekerja menyuruh saya kerumahnya,dan setelah saya sampai dirumah bos saya ia pun mengeluarkan amplop putih bertuliskan bonus lebaran…ia mengucapkan terimakasih sudah membantunya selama ini sambil memberikan amplop itu dan sambil berkata ini bonus buat kamu 500rb…sungguh luar biasa dasyatnya sedekah yang saya alami hanya dalam sehari saya mendapatkan uang 2 juta setelah kemarin saya bersedekah 100rb buat beli baju ponakan2 saya dan keluarkan zakat…Allah langsung membalasnya….sungguh sesuatu yg tak pernah terpikir sebelumnya saya akan mendapat uang sebanyak ini….subahanaullah….??? Semoga kisah saya ini bisa menginspirasi teman2 semua buat bersedekah dengan tanpa rasa keraguan sedikitpun, percayalah bahwa Allah tak pernah mengingkari janjinya…?
    Wasalamualaikum wr. Wb

  6. mas kenapa ya sedekah aku belum dibalas oleh Alllah apa sedekahku ini ada yg salah ya mas, karena kemaren aku sedekah sama orangtua yang hidup nya serba kekurangan dia hidup sebatang kara jujur aku sedekah ini supaya aku dapat pekerjaan aja, karena aku baru saja dipecat dari sekolah aku baru ngajar tapi masih training gak tau nya aku dikeluarkan begitu saja tanpa diberi alasan tapi aku merasa karena aku belum sarjana sementara teman-temanku semuanya sudah sarjana, aku mahasiswa akhir yg kemaren keberuntungaku belum dikaruniai AlllAH karena aku gagal ujian sidang sarjana tapi aku pengen cari pengalaman agar kelak ketika aku sudah sarjana aku nggak canggung lage menghadapi anak2 sekolah. apa sedekahku ini salah ya di mata Alllah SWT, kalau emang salah aku mau minta maaf ma allah disetiap selesai sholatku, ya AlllAH ampunilah dosa-dosa yang telah hamba lakukan hanya kepadamulah hamba memohon ampun dan pertolongan semoga engkau mengabulkan doaku…… mas tolong kasih aku balasan nya biar amal ibadahku diterima oleh Alllah SWT.

  7. ass. Ikutan share ya…. Iya ak dan suami sangat percaya dng sedekah.. Ada jg cerita dr pengalaman pribadi. Ak dan suami punya bisnis kecil2an jualan bahan olahan dari ayam misal nugget, sosis dsb. Alhamd pada bulan itu ak mendapatkan keuntungan yg paling banyak dibanding bulan2 sebelumnya. Wkt itu kira2 keuntungan bersih 800 rb. kmd malam2 kami ngobrol ttg sedekah, disaat itu kami teringat akan janji Allah yg akan melipat gandakan bila kita sedekah. Tanpa ragu kami kmd ke panti asuhan dan mensedekahkan semua keuntungan kami yaitu 800 rb. Kami tdk mikir bgmn hidup bsk di dompet msh ada 300 rb utk makan 1 bln dpn. Kami hanya yakin insya allah cukup utk makan. kami sdh tdk mengingat lg sedekah itu, yg penting kami sdh ikhlas. Selang 1 bln berlalu orang tua kami datang ke rumah dan kami antar naek mobil tua thn 87 (butut sekali), kmd di tengah perjalanan orang tua kami bilang jual mobil butut ini dan ganti yang baru. Kami bingung uang darimana kami mendapatkan. Ternyata orang tua mendapatkan rezeki dr jual tanah dan dinazarkan utk kami.. Alhamd kmd bsk nya dlm tempo 1 hari mbl butut terjual dan pada hari itu juga kami mendapatkan mobil baru yg lbh bagus… Subhanallah… Pembalasan dr Allah datang dr arah yg tdk terduga. Jd km beli mobil baru (second )dng harga 56 juta. Jd kalo dihitung2 Allah mengganti uang 800 rb sebesar 70x nya.. Itulah pengalaman kami.. Benar2 subhanallah

  8. inspiratif kisah ini…

    Mudah2an si pnulis cerita ini (Arie Darmawulan Pramono / @QinaRie) dan klrganya tetap hidup sederhana, ga boros, irit2 pengeluaran dan tetap sedekah yg terbaik yg mrk punya

  9. sedekah sambil berharap kpd Allah itu wajib, jangan dikira sedekah lalu minta balasan itu dikira ga ikhlas.. memintanya itu ya sama Allah jgn sama manusia… kalau minta balasan sama manusia ya dibilang ikhlas ga loh ??? tapi kalau sama Allah itu janji pasti ..akan diberikan dan pasti diberikan

  10. Allah tidak pernah ingkar janji…justru wajar meminta balasan dari Allah, bukankah Allah berfirman mintalah kepada-Ku maka akan Kuberi??justru yang tidak pernah meminta kpd Allah disebut orang sombong??thanks for sharing…InsyaAllah makin mantap tuk istiqomah dalam sedekah, aamiin

  11. Setelah membaca semua tulisan saya jadi senang dan semakin ingin bersedekah. cuma Saya mau benar2 tanya nih apakah jika kita bersedekah tp benar2 mengharapkan balasan dari allah,itu bisa di namakan ikhlas,kalo bisa di dukung ayat dan hadis ya krna sy saat ini sdg butuh penguatan IMAN dan pejelasan teman2 dg dasar yg kuat dan pengalaman nyata,terimasih atas perhatian nya.

  12. Assalamualaikum ka assad,aq ♍á◦º°˚˚°º◦uu nanya.apa bisa aq sedekah tp aq niatin untuk keinginan org lain yg ingin dpt pkrjaan.
    Thx ka,,,

  13. Assalamualaikum.
    jangan takut hartamu berkurang karena sodakih,sedekah,ataupun zakat .
    Kalo kita udah bisa berbuat baik .
    Lupakanlah anggap semuanya ga pernah terjadi dan jangan mengharapkan balasan apapun selain keridhoan Allah SWT .
    Saya jg setelah bisa seperti itu pernah ngalamin ketika saya pindah k tempat kerja baru .
    Saya sering ngecek atm d tempat kerja sebelumnya . SubhanAllah selama ada mungkin 3 bulan tiap akhir bulan saya cek ada aja uang dari mulai 100-300rb .
    Malah yg lebih saya heran bulan ke 4 malah ada 3,3 jt .
    padahal sama Allah Swt telah mengasih kemudahan kepada saya dengan mudah mengasih jalan saya cepat untuk mendapat kerjaan baru .
    Ternyata masih ada anugrahNYA dengan mengisikan atm saya ditempat keja yang lama.
    Kalo ada kesempatan berbuat baik ,lakukanlah.
    Terus berusaha untuk mendapatkan ilmu ikhlas yg kata orang susah di dapatkannya itu .
    Sekedar berbagi cerita .
    Semoga yg bisa bermanfaat bagi yg baca. Amin
    Waalaikumsalam .

  14. Alhamdulillah, saya juga sudah merasakan keajaiban sedekah.
    ingin sekali punya rumah sendiri, Bosen ngontrak. jadi pas awal thn 2009 rajin sedekah ke masjid2 yg sedang di bangun.
    do,a dalam hati ” ya Allah, hamba Bantu pembangunan rumah – Mu, mohon juga Bantu hamba memiliki rumah sendiri”
    Alhamdulillah, di beri rezqi Dan jalannya. awal tahun 2011 pas suami dapat pinjaman agak lumayan Dari perusahaan, pas ada yg jual rumah murah……. Alhamdulillah.

  15. Malam ini saya telah membaca 2 blog skaligus yang menceritakan sedekah, wah inspiratif banget deh, dan besok saya akan sedekah 600 ribu ke masjid yang sedang dibangun di rumpin!!!
    Saya pun uang 600 ribu hasil dagang saya,niatnya sih mau bangun toko butuh modal 10 juta an, dengan keyakinan yang tinggi dan prosesnya cepat tercapai uang 10 juta nya, saya dengan niat sedekah dan bismillah, saya sedekahkan!!! Tunggu se pekan lagi yah teman2 tentang kelanjutan cerita sedekah saya,,,,allahu akbar subhanallah walhamduliilah

  16. yakin lah ALLAH SWT tidak tidur, maha melihat kesulitan hambanya, tidak lah baik berharap kepada sesama manusia, berharaplah hny kepada ALLAH Swt, yakin bantuan nya dan uluran tangan Nya kita wajib yakin pertolongan akan datang dr Allah Swt, termasuk urusan rezeki…yg tak terduga dan tak di sangka sangka akn datang karena Sedekah yg kita keluarkan berharap ridho hny krn Allah Swt.
    mending sedelah iklas krn berharap.kpd Allah Swt
    dr pd melipat gadakan uang dgn judi / togel.. itu tipu daya setan….

  17. ya allah smoga sedekahku yg kmaren2 engkou ganti dgn memberikanku seorang anak perempuan yg cantik,pintar,soleh,dan sayang kpd orang tuanya amiiin.

Leave a Reply

