Gerakan Indonesia Menyala, Ayo Bantu!


Assalamu’alaikum warahmatullaah wabarakaatuh,

.

Sahabat-sahabat sebangsa setanah air, sudah pernah dengar tentang Gerakan Indonesia Menyala? Indonesia Menyala adalah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar (IM) yang dipelopori oleh Bapak Anies Baswedan, PhD (semoga Allah Swt merahmatinya). Program perpustakaan “Indonesia Menyala” ini berawal dari hasil pengamatan sejumlah Pengajar Muda (PM) sejak mereka ditempatkan. Mereka melihat bahwa mayoritas anak didik mereka kekurangan bahan bacaan yang bermutu. Mengetahui betapa pentingnya buku dan melihat kebutuhan yang sangat tinggi terutama untuk teman-teman kita di pelosok Indonesia, maka Indonesia Mengajar tergerak untuk mengadakan program perpustakaan.

.

Pagi ini, salah satu teman baik saya, Fika Frieda (semoga Allah merahmatinya), memberitahukan tentang hal ini dan mengajak untuk ikut berpartisipasi menyumbang buku yang saya tulis, @NotesFromQatar. Dia bilang pada bulan Juni ini, IM akan mengirimkan angkatan ke II sebanyak 73 pengajar muda untuk mengajar di SD di perbatasan Indonesia selama 1 tahun lamanya. Sebelumnya angkatan I telah berangkat sebanyak 51 orang. Masing-masing Pengajar Muda akan berada di 1 SD. Jadi saat ini akan ada 124 SD yang akan di bantu oleh IM.

.

Gerakan IM sedang menggalakkan program perpustakaan di SD-SD tempat pengajar muda mengajar. Yang dibutuhkan saat ini adalah buku-buku yang dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mereka agar maju. Mendengar hal ini saya langsung menargetkan untuk bisa menyumbangkan 1,000 buku Notes From Qatar bagi gerakan ini. Tapi tentunya, dengan kemampuan saya yang terbatas, tidak mungkin saya bisa melakukannya sendirian. Dari saya pribadi akan menyumbang 100 buku, yang berarti masih ada 900 buku lagi. Untuk itu, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk melakukan amal bersama-sama dan berpartisipasi dalam gerakan ini.

.

Bagi teman-teman yang ingin turut berpartisipasi, bisa ikut menyumbang dengan mentransfer ke salah satu diantara dua rekening berikut. Di subject atau detail saat transfer bisa ditulis “Untuk Indonesia Menyala” agar lebih memudahkan.

1. MANDIRI 1560002208751 atas nama MUHAMMAD ASSAD.

2. BCA 5770439711 atas nama REVY T. ABDUL MUGHNI.

.

Deadlinenya adalah tanggal 19 Mei 2011 atau 8 hari dari sekarang. Semua uang yang masuk ke dua rekening tersebut dari mulai hari ini (11 Mei) sampai nanti tanggal 19 Mei, akan digunakan untuk membeli buku Notes From Qatar yang akan disalurkan ke Gerakan Indonesia Menyala.

.

Saya akan memberikan laporan pertanggungjawabannya lengkap di blog ini untuk transparansi dan sebagai bentuk pertanggungjawaban yang telah menerima uang Bapak2, Ibu2, Om2, Tante2, Mas2 dan Mba2 sekalian. InshaAllah amanah ini akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

.

Ayo, tunggu apalagi! Ini ada kesempatan baik bagi kita untuk menyedekahkan sebagian rejeki yang kita punya kepada anak-anak bangsa lain yang belum seberuntung kita. InshaAllah segala amal baik teman-teman semua PASTI dibalas berlipat ganda oleh Allah. Jangan khawatir, tidak pernah ada dalam sejarah orang yang gemar bersedekah menjadi miskin, tapi yang ada PASTI MAKIN KAYA, dan harta BERLIMPAH serta BERKAH!!🙂

.

“Siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah suatu pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah [2] : 245)

.

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dan pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran).” (Al-Baqarah [2] : 261)

.

Ayo langsung bergerak! Pertanyaan lebih lanjut bisa melalui komen dalam postingan blog ini, melalui email muh_assad@yahoo.com, melalui account twitter @MuhammadAssad, atau ping aja langsung ke bbm saya bagi yang tahu pin nya. Terima kasih untuk perhatiannya.

.

Wassalam,

Muhammad Assad

17 thoughts on “Gerakan Indonesia Menyala, Ayo Bantu!

  1. Terima kasih banyak kepada salah satu teman baik ku, Assad yang sudah berinisiatif untuk mengundang siapa saja agar dapat berpartisipasi di Indonesia Menyala.

    Semoga dengan ini, kita semua dapat membantu pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu yang berada di pelosok daerah di Indonesia.

    Tidak ada salahnya atau tidak akan berkurang harta kita jika kita dapat menyisihkan sedikit bantuan untuk menolong sesama.

    Semoga niat yang baik ini dapat menolong semua orang yang membutuhkan terutama dalam pendidikan.

    Amien…

    Fika

  2. Dear Bos Assad

    Masi inget gue? Willy Sakareza, biasa dipanggil dengan sebutan Saka.. Kenal di Modernisator.. kita beberapa kali ngobrol..

    Itu gue ngehubungin Fika mengenai buku tersebut.. Sekarang gue bantu pak Anies di Indonesia Mengajar. Seneng banget kalo buku antum bisa dikirim ke daerah2 agar menjadi inspirasi masyarakat pelosok dan juga anak-anak SD di sana..

    Monggo follow @pengajarmuda dan @penyala untuk informasi mengenai Indonesia Mengajar dan juga Indonesia Menyala..

    Thanks ya boss

    Saka
    +628128160037

    1. Bro Saka,

      Tentu inget dong hehe.. wahhh jd ente yang skr bantu2 Pak Anies di IM? Cool, salam untuk beliau ya.. Siappp sudah difollow🙂

  3. Halo mas Assad,

    Saya mewakili teman-teman dari Indonesia Menyala sangat berterima kasih atas inisiatif mas Assad untuk ikut mendukung gerakan kami ini.

    Nah terkait dengan informasi di atas, ada yang ingin saya koreksi sedikit, Mas.

    Tanggal 20 Mei 2011 itu deadline untuk pengiriman perdana. Kami menargetkan untuk mengirimkan 5.100 buah buku dalam pengiriman pertama ini (100 untuk masing-masing Pengajar Muda). Jadi setelah tanggal itu, Indonesia Menyala akan terus berjuang untuk pendidikan adik-adik kita yang masih duduk di bangku SD di pelosok Indonesia melalui perpustakaan.

    Itu saja yang ingin saya sampaikan.

    Sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada mas Assad dan semoga Allah SWT membalas semua amal baik kita kelak🙂

    Info lebih lanjut dapat dikomunikasikan melalui indonesiamenyala@gmail.com

    Salam hangat,
    Fariz AP
    Indonesia Menyala

    1. Halo Mas Fariz,

      Sama-sama.. my pleasure.. Ini cuma sedikit bantuan dari saya untuk ikut berkontribusi mencerdaskan Indonesia..

      Btw, terima kasih koreksinya.. Saya dapet info dari Fika deadlinenya tanggal 20 Mei soalnya hehehe… Tetap semangat ya!!🙂

  4. keren bgt tuh gagasannya, sgt penting untuk mempercerah nasib bangsa indonesia melalui pendidikan. klo boleh tanya, anak2 muda indonesia yg ingin ikut berpartisipasi gimana y caranya? apa ad komunitas onlinenya? Hidup pendidikan indonesia!

    1. Halo,

      *Mas Assad, saya numpang jawab pertanyaannya ya :)*

      Rekan-rekan dapat bergabung dengan Gerakan Indonesia Menyala melalui Facebook group kami: http://on.fb.me/dO5tDy — ada informasi lebih lanjut di Docs Facebook group tersebut.

      Buku yang dibutuhkan terutama buku anak, majalah anak, buku cerita anak, komik anak, biku pelajaran SD, ensiklopedi, mainan edukasi, dll. Buku baru / lama layak pakai, kami terima😀

      Donasi dapat disalurkan ke kantor Indonesia Mengajar, Jl. Galuh II no. 4 Kebayoran Baru Jakarta 12110 — Buka 24/7.

      Info lebih lanjut dapat ditanyakan ke email kami indonesiamenyala@gmail.com atau akun Twitter kami @Penyala.

      Terima kasih🙂

      Salam hangat,
      Fariz Achmad P.
      Indonesia Menyala

  5. asslamaualaikum…
    salam perjuangan untuk kita semua
    mau tanya, apakah bisa bekerja sama dalam bidang penyuluhan buku?
    karena saya juga punya taman bacaan masyaraka di kampung saya dan masih sangat minim buku-buku yang ada, baru punya 200 buku. kalau bisa saya ingin sekali minta bantuan bukunya untuk di taman bacaan kami. terimakasih… ditunggu balasannya..?

    ini alamat blog kami: http://rumahbacacikalhipmakar.blogspot.com

    kami sangat mohon bantuannya. jazakallah khoiron katsiron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s