Memelihara Anjing, Bolehkah?

Semalam salah seorang sahabat saya bertanya melalui bbm, “Ssad kalo anjing itu di Islam hukumnya gimana sih?” Menarik juga nih pertanyaannya. Pertanyaan seperti ini sudah sering ditanyakan ke saya karena memang cukup banyak teman-teman yang miara anjing termasuk sahabat saya itu, yang (mungkin) sebetulnya mereka tahu juga sih bahwa anjing itu haram tapi masih berharap ada sedikit celah untuk tetap bisa memeliharanya hehehe..

.

Semalam jawaban saya singkat saja, ”Anjing itu haram tapi dalam kondisi tertentu boleh dipelihara, misalkan anjing untuk berburu atau anjing penjaga kalau lingkungan di rumahnya sangat menyeramkan. Tapi dengan catatan, anjing itu tidak tinggal di dalam rumah karena malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang ada anjingnya.”

.

Dalam jawaban itu, dasar yang dipakai hanyalah ingatan saya dari baca sana baca sini. Saya kemudian jadi tertarik untuk melakukan sedikit research supaya semua clear. Maka dari itu, pada tulisan sederhana ini saya akan membahas mengenai hal ini berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadith. Semoga bisa bermanfaat bagi diri saya dan juga teman-teman, sekaligus menjawab rasa penasaran sahabat saya itu. Jadi next time kalo ada yang nanya lagi langsung saya suruh baca blog ini.🙂

.

Sebagai awal, pembahasan ini kita mulai dari yang paling umum aja ya. Dalam Islam, anjing hukumnya adalah najis mughallazah (najis berat), karena jika kita terkena najisnya harus dicuci 7x dengan air dan salah satunya harus dicampur dengan debu/tanah. Hal ini telah dijelaskan di dalam Hadith. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika seekor anjing menjilat bejana salah satu daripada kamu sekalian, maka hendaknya kamu menuangkan bejana itu (mengosongkan isinya) kemudian membasuhnya 7x” (HR. Muslim hal. 16)

.

Dalam hadits tersebut jelas sudah bahwa hukum anjing adalah haram. Ini sesuatu yang tidak diperdebatkan lagi. Jadi kalau ada yang bertanya kenapa liur anjing itu najis ya karena memang secara dzat itu adalah najis, dan hal ini sudah ditegaskan oleh Rasulullah dalam Hadith nya.  Lalu bagaimana dengan tubuh anjing itu sendiri? Untuk kehati-hatian, secara umum para ulama mengatakan bahwa karena air liur itu bersumber dari tubuh anjing, maka secara otomatis tubuhnya pun najis juga. Jadi sangat tidak masuk akal kalau bejana yang terkena liur anjing hukumnya jadi najis dan haram sementara tubuhnya yang sebagai tempat proses munculnya air liur tidak najis.

.

Meskipun demikian, Rasulullah memperbolehkan untuk memelihara beberapa jenis anjing tertentu dalam kondisi tertentu. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa memelihara anjing kecuali anjing penjaga ternak / anjing berburu / anjing penjaga ladang, maka amalnya setiap hari akan dikurangi satu Qirath.” (HR. Muslim hal. 686)

*Satu Qirath setara dengan ukuran sebesar Gunung Uhud

.

Di sini jelas bahwa memelihara anjing itu hukumnya haram kecuali tipe anjing penjaga ternak / anjing berburu / anjing penjaga ladang. Kalau kita tetap “ngeyel” mau melihara anjing selain anjing tersebut, maka amalan kita setiap harinya akan dikurangi sebesar satu Qirath yang diibaratkan sebesar Gunung Uhud. Bisa dibayangkan ga? Pahala kita aja belum tentu ada sebesar Gunung Uhud, jadi gimana ceritanya kalo tiap hari harus dikurangin sebesar Gunung Uhud? Yang ada jadi NOL pahala kita bahkan minus karena dikurangin terus. Ibarat orang punya tabungan, setiap harinya diambil terus sampai bangkrut.

.

Dalam Hadith tersebut, anjing pemburu yang dimaksud adalah anjing terdidik yang digunakan pemiliknya untuk keperluan berburu. Anjing yang bila diperintahkan mengejar maka dia lari dan bila disuruh berhenti maka dia berhenti. Tipe anjing seperti ini hasil buruannya adalah halal asalkan benar-benar terdidik dan tidak memakan hasil buruannya. Anjing tipe ini misalkan yang ada di acara Buser (Buru Sergap) yang memang sudah dididik untuk tujuan tertentu.

.

Kemudian anjing penjaga ladang atau ternak diperbolehkan untuk menjaga dari bahaya serigala dan pencuri. Ini juga tipe anjing terdidik yang kalau melihat sesuatu atau orang yang asing maka dia akan menggonggong sehingga pemilik anjing akan terbangun dan tau ada yang tidak beres. Demikian juga misalkan seseorang yang tinggal di daerah terpencil, lingkungan yang terkenal dengan tingkat kriminalitasnya yang tinggi dan tidak ada orang bisa dipercaya untuk menjaga hartanya, maka dia diperbolehkan untuk memelihara anjing. Tipe anjing ini adalah anjing yang besar dan sangar-sangar seperti herder atau pitbull yang memang sekali gigit orang langsung bisa mati. Tapi sekali lagi, tujuannya murni utk jaga rumah atau ladang, bukan malah dijadiin temen main juragannya. Itu yang salah.

.

Selanjutnya, meskipun ada beberapa tipe anjing yang boleh dipelihara, tapi tetap saja anjing tersebut tidak boleh tinggal di tempat yang sama dengan pemiliknya. Mengapa? Karena malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah orang yang memelihara anjing.

.

Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar (dari makhluk yang bernyawa)” (HR. Bukhari no. 448)

.

Lebih lengkapnya mengenai hal ini diceritakan dari Aisyah bahwasanya pada suatu ketika Malaikat Jibril berjanji kepada Nabi Muhammad SAW untuk menemuinya pada suatu waktu yang telah ditentukan. Namun pada saat waktu tersebut datang, Malaikat Jibril tidak juga datang. Kemudian Rasulullah berkata, “Tidak pernah Allah SWT dan utusannya (Malaikan Jibril) memungkiri janji.” Setelah itu Nabi Muhammad SAW melihat ada anak anjing di bawah meja dan bertanya kepada Aisyah, “Aisyah, kapan anjing ini masuk ke sini?” Aisyah menjawab, “Saya tidak tahu Rasulullah.”

.

Kemudian Rasulullah meminta Aisyah untuk mengeluarkan anjing tersebut. Tidak lama setelah dikeluarkan, Malaikat Jibril datang. Rasulullah pun bertanya kepada Malaikat Jibril, “Yaa Jibril, engkau berjanji kepadaku untuk datang dan aku telah menantikan kedatanganmu tapi engkau tidak juga datang di waktu yang telah ditentukan.” Malaikat Jibril pun menjawab, “Di dalam rumahmu ada anjing, dan itulah yang menghalangi saya untuk masuk. Kami (malaikat) tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar (dari makhluk yang bernyawa).” (HR. Muslim no. 5246)

.

Jadi kesimpulannya, memelihara anjing yang hanya karena kesenangan semata  untuk dijadikan binatang piaraan atau memeliharanya karena anjing itu lucu, imut dan menggemaskan, maka hukumnya adalah haram. Kecuali anjing terdidik yang digunakan untuk keperluan berburu, menjaga ladang atau menjaga binatang ternak. Itu pun dengan catatan, anjing yang boleh dipelihara itu harus tinggal di luar rumah karena malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah orang yang memelihara anjing.

.

Jadi kalau ada temen-temen yang melihara anjing di rumah hanya untuk kesenangan semata atau karena anjing itu lucu, imut dan menggemaskan, sayang sekali bahwa anjing tersebut tidak boleh untuk dipelihara. Selucu dan semanis apapun itu anjing, ya tetep namanya anjing dan hukumnya H-A-R-A-M. Anjing yang saya maksudkan disini adalah anjing yang  dijadikan piaraan (pets) yang selalu berinteraksi setiap hari dengan pemiliknya, diajak main, dikasi makan, dimandiin, dll.. Intinya anjing yang dipelihara untuk kesenangan saja. Bagi yang sudah terlanjur melihara, solusinya ada 2.

  1. Kasihin orang lain
  2. Mending piara binatang lain, kan masih banyak alternatif lain yang lebih baik.. ada kucing, bebek, kelinci, kura-kura ampe monyet hehe.. saya pribadi lebih suka kucing daripada anjing, lebih lucu aja kayanya, apalagi kalo kucingnya gemuk dan bulunya banyak…

Meskipun demikian, di luar keharaman dari seekor anjing, Islam tetap menganggap bahwa anjing adalah makhluk hidup yang patut diperlakukan secara “manusiawi”. Jadi bukan berarti karena anjing ini hukumnya haram, maka kalau liat ada anjing di jalan boleh ditendang dan dibunuh. Tidak seperti itu. Bahkan dalam suatu kisah diceritakan bahwa ada seorang yang penuh dosa diampuni dosanya oleh Allah SWT dan dimasukkan ke dalam Surga hanya karena dia memberi minum seekor anjing yang sedang kehausan. Subhanallah, inilah indahnya ajaran Islam, bahkan untuk seekor hewan yang haram sekalipun, kita tetap diperintahkan untuk berbuat baik.

.

Kurang lebih Ini yang bisa disampaikan dengan keterbatasan ilmu yang saya miliki. Setelah membaca penjelasan ini, keputusan akhir di tangan teman-teman, mau tetap melihara silahkan, enggak melihara lebih baik.. the choice is yours! Tapi kewajiban saya sebagai sesama muslim untuk saling menasehati dalam kebaikan sudah saya lakukan. Setelah itu kalo kata iklan AXE, “dan selanjutnya….. terserah anda!”

.

Tapi percayalah, bahwa setiap apa yang diperintahkan oleh Allah adalah untuk kebaikan manusia itu, termasuk perintah untuk tidak memelihara anjing ini. Dan Allah SWT selalu menginginkan kemudahan bagi hamba-hambaNya karena sesungguhnya Islam dibangun atas dasar kemudahan dan tidak mempersulit. “Allah SWT menginginkan bagimu kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan.” (QS. Al-Baqarah [2] : 185)

.

Wallahu’alam bishshawwab.

.

Warm Regards,

@muhammadassad

126 thoughts on “Memelihara Anjing, Bolehkah?

  1. Lha kalo anjing yang digunakan untuk berburu, pastinya anjing bakal menggigit binatang buruannya, gmn cara mensucikannya ya?

    1. Di beberapa situasi, sesuatu yg diaanggap gak boleh, kadang dibolehkan juga. Contohnya, disaat kita tersesat di hutan gak ada makanan, yg ada hanyalah babi. Kita boleh makan babi itu. Nah, saat berburu menggunakan anjing, awalnya kita menyebut nama Allah, dan biar anjing menangkap buruannya, dan menggigit buruannya. Selama anjing tidak memakan hasil buruannya, kita bisa memakan hasil buruan tersebut. CMIIW

      1. Iya betul mas dalam kondisi tidak ada pilihan lain, yang haram pun menjadi halal. namun dalam konteks memelihara anjing, mayoritas sekarang yang terjadi adalah mereka tidak dalam kondisi yang berbahaya atau tanpa pilihan, tapi memang mereka sengaja memelihara untuk dijadikan hewan piaraan yang diajak main, dipegang2, dan seterusnya. Itu yang menjadikan tidak dibolehkan

  2. sip, sanagt bermanfaat sekali sadd,

    alhamdulilahnya sy cuma pelihara kucing persia yang lucunya dan imutnya ga ketulungan,, jadi makin cinta sama michelle, pho2, michiko, peyton, kenzo, lana, (nama2 kucing sy, ketauan deh punya banyak kucing) hohoohoo

  3. Nice post gan!

    tapi mau komen dikit ..kayaknya yang di maksud dengan tubuhnya perlu diperjelas ulang hehe,,

    Tubuh kalau untuk di pegang saja, beberapa mahzab membolehkan, misalnya maliki dan hanafi. sedang untuk syafii memang seluruh tubuh anjing diharamkan. Tapi kalau untuk dimakan semuanya sepakat haram, karena liur nya aja haram (pakai logika yang itu).

    nah kalo gw sih ga tau ya buat dipelihara haram apa enggak, cuma gw tidak akan pernah melihara anjing karena khawatir liurnya itu bikin najis dimana-mana. Menghindari ini lebih utama daripada mengambil manfaat dari lucu lucuan melihara anjing😀

    1. Thank you Dudin. Yessss betul disitu ada beberapa perbedaan pendapat, tapi karena di Indonesia hampir 100% mengikuti mahdzab Syafi’i makanya gw ambil pendapatnya dia…🙂

  4. Tulisan yg menarik sad..
    btw, mo nanya nih..hadist yg ini :

    “Di dalam rumahmu ada anjing, dan itulah yang menghalangi saya untuk masuk. Kami (malaikat) tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar (dari makhluk yang bernyawa).” (HR. Muslim no. 5246)

    Gambar (dari makhluk yg bernyawa) itu maksudnya foto ya sad? berarti kita ga boleh foto gitu, ato gmn?

    1. terima kasih.. ini alvan mana ya? sorry agak2 lupa🙂

      btw mengenai hadits itu yang gambar dari makhluk bernyawa bukan foto kak, tapi gambar manusia. jadi kan banyak tu pelukis sekarang yang ngelukis muka orang, nah itu yang dimaksud.. kalo foto si gpp🙂

      1. Assalamualaikum Assad,

        Bedanya foto sama lukisan muka orang itu apa? toh sama2 membentuk form manusia?

  5. assalamu’alaikum, kebetulan lagi cari2 berita tentang hukum memelihara doggy, dan ketemu blog ini.
    yg mau saya tanyakan, definisi di dalam rumah itu seperti apa? karena anjing pastinya diberi kandang yg berbeda dgn rumah pemiliknya. apakah yg dimaksud serumah itu berada dalam satu pagar atau bgmn? kebetulan saya pernah berkunjung ke kosan teman dan disana ada anjing penjaganya. tapi kan tentunya anjing tersebut berada di kandangnya namun kandangnya masih sepagar dgn kamar-kamar kosan tersebut. Pendapat anda bgmn? trims. Wassalamu’alaikum

    1. wa’alaikumsalam.. sepemahaman saya definisi dalam satu rumah yaitu satu atap dengan kita. kalau anjing itu ditaro di halaman yang beda atap dengan rumah yang kita tempatin, pendapat saya oke2 saja selama anjing itu murni hanya digunakan untuk menjaga rumah, dan bukan anjing yang kita ajak main tiap hari, kita mandiin, kita elus2, dsb.. kurang lebih ini pendapat saya, semoga bisa menjawab ya🙂

  6. wah, saya mau nanya kak, kan saya ngontrak rumah nih di bandung, teman saya nitip 2 anjing, yang satu pitbull ditaruh di garasi rumah, yang satu tipe anjng cute banget dan dtaruh di dalam rumah, dan ga dikandangin karena berisik kalo dikandangin.
    nah, kan bukan saya yang melihara, tapi karena itu tetap rumah saya, apa malaikat tetep ga akan masuk? kan bukan saya yang melihara, dan saya kalau sholat juga dikamar. najis2 si anjing itu juga insya allah dibersihin sama yang nitipin anjingnya karena saya udah wanti-wanti banget.
    saya pernah nanya sama dosen agama saya, bukan soal anjing, tapi soal tinggal sekosan sama orang non muslim yang dkamarnya ada patung untuk disembah, kan kita tinggal seatap, tapi dalam satu rumah itu apa malaikat tetep ga akan masuk karena ada hal2 yang kayak gitu? apa pahala saya juga tetap dikurangi? dosen saya jawab : ‘selama niat saya bukan untuk menyembah selain Allah, Allah akan memaklumi, kan Allah juga mengetahui niat kita’
    jawaban dosen saya ini menjawab juga yang tentang lukisan wajah, selama lukisan yang menyerupai makhluk hidup tidak untuk disembah, atau untuk konteks tertentu misalnya pembelajaran, yang penting niat kita itu dulu. saya juga bertanya seperti itu karena saya kuliah seni. jadi mau nggak mau kan belajar anatomi dan proporsi manusia.
    nah,
    jawaban itu apa bisa menjawab yang tentang anjing juga kak? maaf ya commentnya membombardir gini, makasih ya kak.

  7. ass.
    om aq pelihara anjing tapi cuman wat jaga rumah gimana om?
    karena rumahku pernah kemalingan….kasih solusinya om?

    1. wass.. nah itu gpp, asal niatnya hanya untuk jaga rumah ya, bukan untuk diajak main bareng dll.. dan anjingnya ditaro diluar rumah, jangan ditaro di dalem…

  8. Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar (dari makhluk yang bernyawa)” (HR. Bukhari no. 448)

    nah ruang tamu saya itu ada “kristik (sejenis seni menyulam)gambar harimau” yang di pajang di dinding.

    itu bagaimana?
    kalo kristik tanaman gmn?
    kan sama2 mahkluk yg bernyawa(mahkluk hidup).

    matur nuwun

  9. setuju… lagi pula butuh biaya banyak untuk memelihara hewan peliharaan seperti anjing.. Alangkah sia-sianya harta benda yang dititipkan oleh ALLAH SWT bila digunakan hanya untuk hal yang tidak mendapatkan manfaat, padahal di luar sana masih banyak saudara kita perlu kita bantu

  10. Ass.
    Kak Assad ( may I call u like tht??:) )

    mw tanya nih..klo anjing yg dpkai utk berburu org/ binatang..yg pegang harus lgsg cuci 7x trus yah?klo tiap hari dy tugasnya berburu..tiap hr jg dong hrs cuci 7x??

    nb.
    sy tadi smpet baca author profile k2..kt org NOBODY’S PERFECT..tp,stlh sy baca prof k2..sy jd meragukan kt2 itu..how could u’re so perfect???academic..n also non-academic???

    thx before. Wass.
    Ayu Perwita. S

    1. hi Ayu,

      kalau kena air liurnya iya harus cuci 7 kali, salah satunya pake tanah ya.. kalo cuma kena bulunya si ga perlu, tapi demi kehati-hatian iya cuci aja🙂

      wahhh terima kasih utk complimentnya, tapi saya masih jauh dr sempurna krn masih banyak kekurangan di sana sini..

      salam,
      assad

  11. Jawabannya ilmiah sekali dan terimakasih yang penting adalah niat kita untuk beribadah kepada Allah swt dan mengikuti ajaran rasulnya Muhamad saw.

  12. bagaimana didalam alquran?pernah saya baca pada surat alkaf(Gua),bahwa ada anjing yg masuk surga setelah para ulama2,apa ada di Alquran ttg keharaman anjing/najisnya/terimakasih atas infonya.

  13. Kenapa klo trkena air liur anjing harus dicuci 7x salah satunya dgn tanah?bagaimana dengan sabun (antiseptik) bukannya di zaman nabi blom ada sabun?masih banyak muslim yg awam tentang anjing ketika bertemu anjing mereka (muslim yg awam)melemparinya dengan batu bahkan tak segan membunuhnya tanpa merasa berdosa…..(T_T)

  14. kalo hamster gimana? ada yang bilang haram melihara juga, soalnya sekeluarga ma tikus yang emang diharamkan jual belinya, apalagi dipelihara..
    jadi?? T.T
    mohon bantuannya,, makasii..

  15. Asslamaualaikum..

    Kalau begitu, menyayangi anjing termasuk halal kan?? Atau bahkan wajib??

    Kalau memelihara anjing kecil yang belum terlatih untuk kemudian dilatih gimana hukumnya?? Kalau beli yang langsung terlatih kan mahal omm…

  16. kalau di dalam rumah ada anjing, ada patung ada lukisan yang bernyawa,malaikat gak akan bisa masuk kedalam rumah gitu ya om. asik donk yang punya rumah pas dia buat kejahatan di dalam rumah pasti nggak di catat dengan malaikat. kan nggak mau masuk dia.

    1. piara aja lagi, anda kan tau binatang yg paling setia dan berkawam adalah anjing. coba buka anjing penolong. maka kamu tau anjing itu apa?. bahkan dia dpt mengusir setan, m

  17. ass.

    saya orang islam, tetapi saya pelihara seekor anak anjing. apakah saya akan dosa telah memelihara anak anjing itu? saya rasa saya menyayangi ciptaan-Nya. kalau memang haram, mengapa di ciptakan? saya masih bertanya tanya dan berharap dapat celah untuk bisa memeliharanya.

    terima kasih🙂

  18. Sy udah baca byk artikel mengenai haram atau tidak nya memelihara anjing, termasuk salah satunya ini.
    saya beragama Islam, tetapi saya sangat menyukai anjing, bahkan saya telah memelihara seekor anak anjing. bukan hanya seekor anak anjing bahkan segala ciptaan Allah (binatang) saya menyayanginya. jika disuru memilih memelihara manusia yang telah dewasa dengan memelihara anak anjing, saya lebih mememilih anak anjing, alasanya karena manusia sekarang lebih kejam dari pada……..
    apakah yang saya lakukan ini (memelihara anjing) haram?
    karena manusia sekarang sangat menyeramkan dari pada manusia zaman dulu..

    1. Iya ya kalo dipikir-pikir, anjing itu lebih tau balas budi & setia di bandingkan manusia…kenapa manusia jaman sekarang hati naruninya kalah ama anjing yah??

  19. Bagaimana hukumnya jika berburu menggunakan anjing dan hasil buruannya itu kita makam kan bekas gigitan anjing tuh apakah hasil buruannya jg perlu di cuci? . . .
    Mohon jawabannya

  20. alhamduliilah, nambah pengetahuan

    gw baru berencana melihara anjing sad! hehee..
    utk tujuan hewan peliharaan & lucu-lucuan
    hiks

    thx, sad

  21. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya, niatan saya mau miara anjing penjaga buat jaga rumah. Terus saya latih di K-9 pastinya kan harus rutin kasi makan, mandiin , ajakin jalan2 , ngelus2.
    kita dosa apa ga ?

  22. sy memelihara anjing siberia Huski dan Chihu hua, jujur saja semenjak sy memelihara anjing Ekonomi saya Sy sgt Susah…sedikit demi sedikit harta saya hbis terjual krn Bisnis saya selalu merugi. saya tidak tau apakah ini dampak krn saya memelihara anjing atau bagaimana? anjing ini mau saya berikan orang tp sy tidak tega.mohon saya di beri siraman rohani apakah kebangkrutan sy salah satu penyebabnya krn sy pelihara anjing ini?

  23. hikzzz…….. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…….
    gak jd miara anjing deh padahal dah pngen bgt… tp gpp deh gan.., good work,, ini bru jawaban yg saya mau thanxz bgt gan,, good bye siberian husky,,,,

  24. Assalamualaikum ..

    Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing atau gambar (dari makhluk yang bernyawa)” (HR. Bukhari no. 448)

    Mas, dari hadits diatas disebutin juga kalo ada gambar dari makhluk yang bernyawa, malaikat ga bisa masuk rumah .. Gimana kalo foto kita mas ??

    Syukron ..

  25. “Jika seekor anjing menjilat bejana salah satu dari pada kamu sekalian, maka hendaknya kamu menuangkan bejana itu (mengosongkan isinya) kemudian membasuhnya 7x” (HR. Muslim hal. 16), Sesungguhnya begitu jelasnya tulisan diatas, jadi jangan suka mencari celah agar dibolehkan untuk memelihara binatang ini, kan masih ada yang lain , aku numpang meng copy tulisan ini ya bang Muhammad Assad, terima kasih.

  26. kasian bgt ya jadi anjing yg dr golongan toy,dya cm bs di rawat non muslim
    apakah kemauan dr si anjing yg buat dirinya jadi sarang najis?
    maaf saya kurang setuju dengan hal demikian
    saya muslim,tp saya punya pola pikir yg terbuka.
    maaf buat yg ga setuju….di luar sana banyak anjing yg terlantar yg di buang begitu saja dengan pemilik nya…apakah kita sebagai muslim cm akan berpura2 tidak tau saja wlpn itu terjadi di depan mata kita???
    buat saya semua mahluk allah itu sama,yg bedakan cm akal..kalau si anjing di berikan akal seperti kita niscaya dya pasti akan protes knp dya d zhalimi manusia.
    maaf buat yg ga setuju…buat saya dosa dan amal baik kita itu urusan allah…karena kita manusia gada yg sempurna bahkan junjungan kita nabi muhhamad saw pun pnah berbuat salah,kesempurnaan hanya milik allah swt…alaah menciptakan semua mahluk pasti ada mksd dan tujuan nya..seperti manusia di ciptakan hanya untuk beryaqwa kepada nya..
    buat yg tanya tentang hasil buruan anjing,itu ada di alquran tp saya lupa surat n ayat apa dan itu hukum nya halal..terima kasih

  27. salam kenal. gua cuma bingung, najis apakah sama dengan haram ? makan babi itu hukumnya haram. minum alkohol haram. judi itu haram. tapi apakah benar memelihara anjing itu hukumnya haram ? najis itu belum tentu haram loh.

    1. kan udah dijelasin diatas…. pelihara anjing itu kondisional… kalo untuk jaga rumah, tanaman dan berburu masih dibolehin… tapi meskipun anjing penjaga/pemburu kalo kena liurnya tetep haram.

  28. Assalamu ‘alaikum wr.wb.

    Assad, kayaknya antum taat beribadah bgt ya dan religius sekali ya. Sebelumnya sorry yg saya tanya menyimpang jauh dari materi yg ada. Saya mau tanya bagaimana tanggapan antum terhadap orang2 yg memakai hadits atau ayat alquran. Tapi dia selalu mengumbar aurat (dgn pakaian2 yg sexy dan mengumbar lekuk2 di tubuhnya). Padahal dia tauhu bhw hal tsb sangalah berdosa kl menurut Islam. Bhw tubuh wanita adalah seluruhnya aurat. YA mungkin si wanita ini (ini temen anda lho yg saya maksud, si OR dan mungkin si JP(ini mungkin bukan temen anda)). Mereka menggunakan ayat alquran atau hadits danmenunjukkanbhw mereka taat beribadah. Bagaimana tanggapan anada

    wassalam

  29. Assalamualaikum,

    Terima kasih atas infonya sebetulnya sih saya sudah tau tapi kurang jelas surat apa yang menjelaskan dalam al qur’an dan hadist nya. Tapi setelah baca bolg ini saya jadi lebih mengerti.
    Tapi saya ada masukan buat temen – temen yang sudah comment bahwa mashab tidak bisa di campur – campur. Kalo kita mashabnya Imam Syafi’i ya harus mengikuti Imam Syafi’i nggak bisa dicampur dengan mashab yang lain. Terima kasih.

    Wassalam

  30. satu yang bikin ane bingung

    Allah selalu menyuruh kita untuk menyayangi segala makhluk hidup (termasuk anjing) dan juga bertanggung jawab terhadap binatang peliharaan

    lah kalo kita pelihara anjing yang sesuai kriteria halal,bagaimana cara menyayangi anjing peliharaan kita (yang sesuai kriteria halal), kan kalo kita ajak main, dimandiin tuh katanya haram. padahal tuh kan hal wajar bagi kita untuk menunjukan rasa sayang kita pada peliharaan kita dan jelasnya bukan untuk menyenangkan diri sendiri

    kalo ngasih makan ma tempat tinggal tuh emang udah kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai majikan kan

  31. Saya pikir wajar kalo makanan kita/tmpt masak dijilat binatang apapun (misal tikus, kucing, dll) kita pasti jijik & mencuci nya.. Apa berarti semua haram?

    Utk malaikat takut anjing agak aneh jg, karena Tuhan yg menciptakan seluruh makhluk hidup termasuk hewan & manusia yg menamainya, serta kita manusia diberi Hak utk mengelolanya, memang anjing punya indera yg tajam utk mendeteksi manusia & makhluk yg lain, apa karena itu?

    Thx, GBU

  32. mau tanya nuh mas.
    Keluarga saya sekarang sedang memelihara anjing, padahal saya udah nglarang.tapi si pemiliknya tidak mau mengeluarkan anjingnya dr rumah.alasannya karena lucu dan menggemaskan.apakah saya juga ikut terkena imbasnya?semisal pahalanya selalu dikurangi sebesar gunung uhud?trimakasih🙂

  33. ka, maaf mau nanya maksudnya gambar bernyawa foto/lukisan ya??
    dikamar saya banyak foto, gimana dong? thx bfore ka..

  34. Assalamualaikum,

    Beberapa hari lalu ada anjing yang datang ke rumah saya. Karena memang ada pemiliknya, kami kembalikan. tapi anjing itu balik lagi terus. akhirnya, dari pada dia keliaran keliling rumah nggak jelas, anjingnya diikat di depan rumah. Niatnya mah, sementara. Tapi, begitu dikembalikan dia selalu balik lagi; pemiliknya juga nggak peduli.

    Kami masih ragu untuk ‘menerimanya’, walaupun sebenarnya lumayan banget buat bantu kami jagain rumah….

    Ada yang bisa kasih ide…

    Nuhun.

    PS: O ya, Bang Assad, izin untuk Copy ya. Thx

  35. mau nanya mas…
    di kos ku ada anjing buat jaga2 kos2an krn kan sering sepi pada kerja..tapi ditaruh dihalaman ma ibu kos…-kesimpulannya dari yg saya baca kan gpp ya?-
    tapi tetep boleh dung sewaktu2 dimandikan?? dirawat lah intinya..gpp kan?
    terus..klo pas lagi pengen elus2 kepalanya..menggunakan sarung tangan plastik..tetep msti membersihkan tangan selayaknya najis berat apa gak y?
    kan kasian juga ya klo dibiarinn ajah g diajak omong..gak di sapa…
    makasih jawabanyya…

  36. Hidup ini ujian sobat, mengapa Allah memerintahkan begini, menciptakan sesuatu kemudian kemudian melarang itu. Ini adalah ujian dr Allah untuk melihat siapa hambaNya yg terbaik, mang gk ad manusia yg smpurna, tp qt adlh org2 yg brusaha untuk smpurna bukn? Berlomba-lonmba dlm kebaikan, bhkan kebaikan sebsar debu pun akan mndpt blasan…. Ambil hikmah dr stiap kjadian krn ad tnda2 dr Allah d blik kjadian bgi org2 yg berilmu…. Salam Persaudaraan…..^_^v

  37. yaahhhhh . jadi gak bisa melihara anjing dong. =(
    padahal pengen banget dari dulu melihara anjing.
    berarti gak apa dong kalo foto doang di dalam rumah ?
    thanks ya infonya .

  38. sumpah artikel ini keren banget …
    buat sang author, terima kasih ….
    saya gemas melihat teman saya berjilbab tapi memelihara anjing, bahkan seringkali terlihat memeluknya, saya akan coba kirim artikel ini kepadanya, mudah2an jalan pikirannya terbuka …

    terima kasih sekali lagi …

  39. kalau saya memelihara anjing, tapi anjing itu saya taruh ditempat lain, tadinya sih tujuannya untuk menjaga tempat tersebut, tapi anjing itu lama2 nurut bgt,, disuru apa aja mau,, jadi agak d ajak main juga deh, n tetap perhatian ama itu anjing, kya ngasih makan n mandiin. brarti haram juga yah.. n wat nyucinya najisnya itu pake bacaan juga gx ci?? bacaanya apa ya??

  40. adduh.. banyk jg yah yg ttp ngeyel nyari celah sbg pembenaran!pdhl hukumnya dah jelas.kalopun msh ragu kan alangkah baiknya qt brhati-hati drpd kecolongan.pahala sebesar uhud yg mgkn susah payah dikumpulkan kan sayang banget dibuang tiap hari hanya demi sebuah hobi.

  41. mulai sekarang saya merubah niat saya memelihara anjing :
    ” saya berniat atas izin allah swt untuk memelihara bewe (anjing saya) untuk menjaga rumah.

  42. syukron, akhi saya minta ijin ngutip sebagian untk sumber saya menulis hal yang sama, karena dilingkungan saya banyak pecinta anjing

  43. Assalammualaikum wa rohmatullohi wa barokatuh…
    Akhi, mohon maaf ana ingin bertanya apa ada hadist atau ayat dari Al-Qur’an yg secara tegas mengatakan anjing itu haram? Seperti layaknya binatang babi.
    Jika akhi mengatakan bahwa anjing itu haram, kenapa tidak menjelaskan secara detail, bahwa yang haram itu adalah semua binatang buas bertaring.
    Dan sedikit catatan kecil bahwa, najis bukanlah dosa. Tapi sesuatu yg dapat menghalangi kita utk beribadah. Islam memberikan cara bagaimana membersihkan najis tersebut…. bukan?
    Jazzakallah……

  44. Ribet bgt melihara anjing,,tp apa bedanya anjing sm kucing yg sm2 diciptakan oleh Allah,,kl malaikat gak mau masuk rumah yg ada anjing nya,,trus jin dan setan,,bisa masuk,,demikian kuat nya pengaruh anjing tsb,,smpe malaikat Jibril aja gak bs masuk,,

  45. lalu bagaiman dengan hukumnya kerja sebagai admin pembuat/ penginput data silsilah (KTP) untuk anjing?????? atau yang bekerja di tempat yang berkenaan dg anjing???

  46. Blog yg bagus…saya sependapat dengan isi tulisan…dan ada dalil-dalinya juga…..
    buat teman-teman yg masih mempertanyakan kenapa…. ini kembali ke pribadi masing-masing….
    dan mudah-mudahan tidak ada pergunjingan kenapa…. lho kok bisa….
    karena isi blog ini sudah jelas….dan saya rasa jelas sekali….
    terima kasih.buat penulis

  47. Assalamualaikum..
    nah kalo pelihara anjing niatnya untuk di jual gimana kak?karena saya tertarik untuk usaha ternak anjing..lumayan peminat
    terimakasih🙂

  48. assalamualikum muslimin muslimat
    allah swt telah menentukan yang halal dan yang haram dengan jelas,yang pastinya ada manfaat dan hikmah dari apa yg diperintan dan larangannya.manusia harusnya taat pada aturannya.kenapa yg hram mau jd halal?pdahal jelas haram.inilah keserakahan manusia yang selalu menggunakan logika drpada ilmu agama.
    allah menciptakan halal dan haram untuk menguji ketaatan manusia kpada tuhannya.dan allah menyediakan hadiah yaitu surga dan neraka.
    menurut saya,anjing haram untuk dipelihara karena akan banyak mudharatnya daripada manfaatnya.wasalam.

  49. stlah bc,,,sy mrasa jd dilema,boleh d bilang kt anak abg skr galau kali yaa🙂 saya tinggal di tempat yg cukup luas di kelilingi tambak ikan dan hutan,,,,jd saya mengandalkan 2 ekor anjing saya untuk menjaga,,,saya serasa punya cctv gt dech karena setiap ada orang asing dia menggonggong…dan saya pun merasa di lindungi anjing saya, karena dia sdh menyelamatkan kami dari ular kobra berkali2,,,dan yg jd di lemanya anjing sy yg satu memang menggemaskan dan berbulu lebat,,saya sendiri tau dengan haram dan najisnya,,,sooo??? bingung jadinya saya,,,

  50. Assalamualaikum wr wb . . .
    Artikel yg menarik nih.ngomong” tentang anjing.Sebenarnya knpa anjing itu haram untuk dipelihara selain syarat” diatas ya?
    Klo scra pribadi sy lebih suka anjing drpda kucing.alasannya anjing kan lebih berguna,coba bandingin ama kucing yg bisanya cm manja” & minta makan doang.
    Oh ya,saya jg prnah dengar binatang yg dpt kemuliaan masuk surga itu cuma anjing.tepatnya anjing di cerita “ashabul kahfi”.pernah denger kan?
    Lantas bagaimana? Bukankah Allah menciptakan setiap makhluk hidup di bumi ada maksud & tujuannya?
    Terimakasih.wassalam!

  51. Assalamualaikum wr wb

    Saya seneng sekali mendaki gunung kalo saya memelihara dan membawa untuk teman saya mendaki bagaimana,untuk berjaga kalo saya tersesat dan ancaman hewan liar lainya..?menurut anda bagaimana?

    tolong di jawab ya bang…

  52. Duh gimana d0nk.. Q dah sayang bgt ma anak anjing itu. Y demi kebaikan mau gak mau q jauhin deh anak anjingnya.

  53. Hal dan keterangan ini sangat diperlukan krn dg dmkian smg bisa membantu pergertian kpd yg awam spt saya,trm ksh smg Allah mencintai selalu,amin

  54. assalamualaikum wr wb..
    artikel yg sangat bagus dan menarik..
    kbetulan saya sdg mncari info mngenai memelihara anjing,,
    saya ingin memelihara anjing namun berbenturan dgn kata NAJIS..
    namun niatan saya untuk melihara bukan untuk bermain sehari2 tp untuk mnjaga rumah,, maklum saya sudah jengah dengan kelakuan maling yg sering masuk rumah, makanya saya berniatan melihara anjing untuk mnjaga rumah..
    namun ada pertanyaan nih pren, untuk mndidik anjing dan mnjadikan anjing itu terlatih kan perlu perhatian yg cukup,,seperti diajak lari.. dlatih ini dlatih itu..
    nah itu bagaimana hukumnya sob..
    maklum klo beli anjing yg sdh jadi, siap terkam..terlalu mahal,,
    bhkan jutaan,mnding beli sapi iya ga?😀
    tp klo yg murah masih kcil gitu kan perlu pndidikan,,
    nah ntu gmn pren..??
    mohon pencerahannya kawan..
    thx
    wassalam..

  55. wah,, makasih mas utk artikelnya,,,
    bener2 membantu…

    soalnya,, ayah baru meliara anjing,, gara2 rumah baru kemalingan…

    dan saya sempet marah/menolak,,,
    tapi,,,
    stelah baca artikelnya,,,
    insyaallah bisa diluruskan,, atas kesalah pahaman/persepsi saya terhdap pemeliharaan anjing…
    ;D
    trimakasih.

  56. makasih untuk author yang oke banget nih artikelnya,,,
    Ada versi inggrisnya gak, mau ku posting ke idolaku yang muslim tapi sayangnya memelihara anjing…….

  57. Bang ,
    Bukankah pengertian Haram adalah bila kita menelannya / mengkonsumsinya,
    sebagaimana bentuk najis adalah bila kita menyentuhnya atau terkena dzatnya.

  58. assalammu’alaikum, mau nanya mudah2an d jawab, mengenai hadits riwayat bukhari no 448 di kalimat terakhir d sebutkan tidak boleh ada gambar makhluk yg bernyawa.di rumah saya ada lukisan harimau yg ini bagaimana hukum’a ka?

  59. assalamu’alaikum wr.wb.

    om nama saya Ridho..
    saya mau nanya nih..
    klo kita memelihara aning untuk jaga rumah gimana hukum nya ?

  60. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Nama saya Sandi
    Saya mau tanya, jika seseorang memelihara anjing tapi sholat 5 waktu itu hukumnya bagaimana? karena dulu pernah dengar waktu kecil “katanya” kalau memelihara anjing tidak boleh sholat. Mohon penjelasnnya, terima kasih.

  61. Permisi.Saya butuh saran2 semuanya nih.Jadi begini. Saya memang bukanlah seorang muslimah.Saya bukan orang Islam.Nah,Saya hidup disebuah keluarga dengan Ayah saya seorang Muslim,namun ibunda,dan kakak saya,dan juga saya,non-muslim.Walaupun berbeda keyakinan keluarga saya hidup dengan rukun dan saling menyayangi.Suatu hari saya ingin memelihara seekor anjing.Memang bukan anjing penjaga/anjing berburu,yaitu anjing untuk peliharaan utk teman saya bermain.Lalu,saya wanti2 untuk memeliharanya.Mulai dari keuangan,sampai kebutuhan anjing tsb. Nah,saat itu jg.Saya teringat Ayah saya. Karna setau saya Islam haram dgn anjing.Namun saya sangat ingin memelihara anjing,disatusisi saya menghormati ayah saya,dan keyakinan yg dia anut.Lalu,saya masih tinggal disatu rumah dgn ayah saya.Nah apakah,jika saya memelihara anjing,ayah saya akan dosa?atau bagaimana?apakah ayah saya akan ttp dikurangi amalnya?Mohon sarannya kawan2 semua.Terimakasih juga untuk artikel diatas.🙂

    1. Sebaiknya jangan pelihara anjing ya mba angel, meskipun mba bukan muslim tapi alangkah baiknya menghormati ayahanda yang muslim.🙂

  62. I do agree with all of the ideas you’ve introduced
    for your post. They are really convincing and can definitely work.
    Still, the posts are very brief for novices. May just you please extend them a bit from next time?
    Thank you for the post.

  63. Bagi yang umat Islam , dan yang ragu dan takut memelihara anjing , ya jangan pelihara anjing , peliharalah kucing / burung / ikan / ayam / lainnya .

    Dan jika pelihara anjing untuk tujuan menjaga rumah , mending beli alarm motion detector aja , lebih praktis dan tidak ada keraguan dan kebingungan lagi . Bahkan sekarang sudah bisa beli Ip-Camera dan daftarkan ke telkom speedy , bisa monitoring sekaligus motion detector , dan bisa dipantau online via hape . Murah , jauh lebih murah ketimbang biaya makan seekor anjing .

    Tetapi sekalipun tidak pelihara anjing , tapi melakukan perbuatan korupsi , perbuatan zinah , atau mencuri , atau berbohong , atau tidak bekerja dan tidak melaksanakan kewajiban secara bertanggung-jawab , atau menghina orang lain , atau memfitnah orang lain , …..
    Maka percuma segala perdebatan dan pencerahan soal anjing di atas …
    Nol besar …

    Sebab perbuatan terhadap sesama lebih penting ketimbang urusan pelihara anjing .

  64. Kalo mau piara pindah agama ajaaaa daripada mau piara tapi ditahan tahan . Banyak kok agama lain yang bolehin piara anjing

  65. meqom

    om nma sya dimaz.
    saya mw nanyak klo memelihara serigala gimna hukumnya,….?!
    jawab yo, sya agk bingung, soalnya tmen sya bnyak yang nanyak. oke bye…..

Leave a Reply

