Saat “Sang Super” Terpeleset

.

Nobody’s Perfect! Sebuah ungkapan yang sudah sangat familiar di telinga kita semua. Ya, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Dari mulai tukang becak sampai seorang Presiden sekalipun, pasti pernah membuat kesalahan. Bahkan, seorang Nabi Muhammad SAW, pemimpin terhebat umat manusia terbesar sepanjang sejarah – menjadi urutan nomor 1 dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia – pernah ditegur oleh Allah SWT sewaktu dia menghiraukan seseorang buta bernama Abdullah bin Ummi Maktum yang datang kepadanya ingin bertanya tentang agama Islam. Digambarkan saat itu Nabi Muhammad SAW bermuka masam dan memalingkan pandangan dari si buta karena sedang menjamu para pembesar suku Quraisy. Atas sikapnya ini, Allah SWT langsung menegurnya yang diabadikan dalam Al-Quran (Q.S. ‘Abasa).

.

Inilah yang membedakan antara manusia biasa dengan seorang Nabi. Di saat seorang Nabi melakukan kesalahan, Sang Maha Pencipta-lah yang langsung memberikan teguran dengan cara-Nya. Namun, bagi manusia biasa, manusia juga lah yang memberikan teguran, dan ini juga yang terjadi dengan Mario Teguh (MT), salah seorang motivator ulung dan ternama di negeri ini. Siapa yang tidak mengenal beliau? Dengan semangat “Salam Super” dan jargon “Golden Ways” nya, MT telah banyak menginspirasi banyak orang. Salah satu bukunya, “Becoming A Star”, sudah saya khatamkan dua kali. Tapi di balik itu semua, MT tetaplah seorang manusia biasa yang tidak luput dari khilaf dan kesalahan.

.

Pada hari Sabtu, 20 Februari 2010, dalam account twitternya, @MarioTeguhMTGW, dia menulis yang kurang lebih intinya adalah bahwa wanita yang suka clubbing, chatting bahasa kasar, mabuk2an dan suka merokok tidak direncanakan untuk dijadikan istri. Apa ada yang salah dengan kalimat ini? Menurut saya pribadi tidak ada yang salah. Ini adalah seperti seorang nasihat yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya. MT yang sudah hidup berumah tangga mungkin lebih memahami bahwa mencari istri itu harus benar-benar dipikirkan, dan saya pikir itu wajar. Dan kalau kita mau jujur, dari cowo alim yang senang ke masjid sampe cowo brengsek dan sebejat apapun, pastinya dia akan memilih seorang istri yang baik, shalehah dan bukan yang suka merokok, mabuk2an, terus2an pergi clubbing dsb. Karena wanita itulah yang nantinya akan menjadi teman hidup selamanya dan ibu dari anak-anak. Tapi memang tidak semua orang berpikiran seperti saya kan? Dan tidak salah memang untuk memiliki pendapat yang berbeda. Ini negara demokrasi bung!🙂

.

Kenapa pendapat setiap orang bisa berbeda? Wajar saja, secara alamiah orang akan menjadi sangat subjektif dan tidak lagi objektif saat ada hal-hal yang menyerang secara langsung atau tidak langsung kepada dirinya. Saat orang yang doyan makan duren diberitahu bahwa makan duren itu bisa menyebabkan kolesterol dan berbagai macam penyakit lainnya, mereka pasti beralibi bahwa makan duren itu tidak akan mengganggu kesehatan asalkan rajin berolahraga, hidup sehat, istirahat cukup, dst. Jadi sama kasusnya, bagi orang yang merokok atau sering minum-minum, mereka akan berusaha mencari alasan setepat mungkin untuk mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang normal dan masalah baik atau tidaknya kepribadian seseorang untuk dijadikan suami/istri itu semua kembali kepada masing-masing individu. Dan MT bukanlah Tuhan yang pantas untuk menghakimi seseorang. Sounds make sense right?

.

Dua orang saja bisa punya pendapat yang berbeda, apalagi jika terdapat 23,000 orang yang membaca tweet tersebut pastinya responnya beraneka warna. Yup, followers MT ini di Twitter mencapai lebih dari 23,000 orang dan postingan yang cukup beresiko seperti itu pastinya akan “memicu” sumbu dari para follower untuk meledak (tergantung aja kadar meledaknya sedikit atau banyak). Apalagi, tweet ini diarahkan untuk para kaum hawa (baca:perempuan) yang memang sudah terkenal sangat garang kalau sudah berhubungan dengan perasaan..🙂 Jadi mungkin inti tweetnya MT seperti ini yang ingin disampaikan, “hey para wanita, tolonglah kalian jadi wanita yang baik-baik, jangan suka pergi clubbing, minum-minum, mabok-mabokan, chit chat ga penting dll, atau kalian tidak akan mendapatkan suami!”

.

Tweet seperti itu memang cukup provokatif, karena wanita jaman sekarang kan paling enggak ya pernah lah ya ngerokok meskipun cuma sekali isep, dan berarti mereka semua itu yang pernah ngerokok sekali aja sudah dianggap tidak pantas menjadi seorang istri? OMG! Dan benar saja, dari beberapa orang twitter yang saya follow, terlihat langsung banyak yang menumpahkan kekesalan kepada MT karena terlalu judgmental, main tuduh, sok tahu, tidak mengerti wanita, sampai ada yang mengatakan kalo MT ini seperti ababil alias ABG Labil!! Hehehe.. Hashtag #GanyangMario pun menyebar dengan cepat yang isinya adalah kritik dan umpatan terhadap sang motivator ini. Bahkan lebih parah lagi, account-account palsu dengan nama mirip @MarioTeguhMTGW bermunculan. Nama-namanya ini lucu-lucu banget. Ada yang nama accountnya @MarioTeluh, @MarioTegapLGBT , @MariTegur, sampai @MarioTrenyuh. Isinya? Ya parodi semua, intinya menambahkan atau merubah apa yang disampaikan oleh MT jadi sesuatu hal yang konyol. Silahkan di cek sendiri.

.

Menyadari hal yang telah dilakukan salah, MT langsung menghapus tweet tersebut dan meminta maaf kepada semua “sahabat super” – panggilan MT untuk para followernya. Namun, ternyata tweet yang udah dihapus tadi tetap bisa dilihat karena ada yang sempat screenshot timeline MT ini. Seperti inilah Timeline MT yang membuat twitterholic heboh, yaitu di MTOF Nomer 6 dan 7.

.

Namun disayangkan, setelah menghapus tweet tadi, MT membuat satu blunder kembali. Bukannya mengatakan bahwa ini adalah tanggung jawab dia, tapi MT seolah ingin lepas dari tanggung jawab dan mengatakan bahwa yang nge-tweet di accountnya tadi adalah moderator dan bukan dirinya. Alasan ini pun terlihat cukup tidak masuk akal, karena MT ini selalu berbalas-balasan tweet dengan istrinya. Jadi, apa yang berbalasan pantun dengan istrinya ini juga Moderator?? Mengapa tidak dengan secara gentle saja langsung bilang bahwa ini adalah kesalahannya, dan itulah prinsip leadership #1, saat kita mengakui kesalahan yang dilakukan oleh bawahan kita dan mengatakan itu adalah tanggung jawab pimpinan karena anak buah merupakan 1 team.

.

Spontan saja, dua kesalahan dibuat MT dalam satu waktu, dan tanpa perlu dikoordinasi, umpatan kemarahan dan kekesalan seakan bertambah deras membanjiri account MT yang ditambahkan dengan hashtag #GanyangMario. Saya juga sempat membaca beberapa tweet-tweetnya dan memang luar biasa kekesalan orang-orang itu, seakan ingin memakan MT hidup-hidup. Menyadari lagi kesalahan dan blunder yang dibuatnya, akhirnya di saat tengah malam, MT membalas beberapa tweet yang masuk ke account dia (termasuk saya juga dibalas) yang intinya adalah dia meminta maaf atas kesalahan yang dibuat, bertanggung jawab sepenuhnya atas tweet yang ditulis dan tidak menyalahkan orang lain. Ditambahkan di belakangnya tetap, “Salam Super!”

.

@MarioTeguhMTGW: @MuhammadAssad Betul sekali Pak Muhammad. Itu sebabnya saya sndiri yg mnyampaikn prmhnn maaf. It is my personal responsibility. Salam super, MT

.

Tidak cukup sampai disini, menyadari bahwa kesalahan ini cukup fatal dan berakibat sangat luarrr biasaaa akibat respon-respon yang masuk, akhirnya secara resmi account twitter MT ditutup. Well, bagi saya, ini sudah cukup. What else do you expect guys? He already said sorry and everybody is exposed to mistakes.

.

Ada hikmah dalam setiap kejadian, dan begitu juga dengan kasus MT ini. Paling tidak ada 8 pelajaran yang bisa dipetik:

1. Nobody’s Perfect – tidak perlu dijelaskan detail saya rasa semuanya sudah pasti paham

.

2. Di saat bawahan kita (siapapun itu, baik moderator, asisten, anak buah, dll) melakukan kesalahan, sebagai seorang pemimpin yang baik – apalagi sering memotivasi orang lain – akan kurang bijak jika melempar kesalahan kepada orang lain dan bukan mengatakan, “ini salah saya”. Karena yang namanya bawahan itu kan pastinya bekerja untuk kita. Dia yang “mengabdikan” dirinya kepada kita. Jadi saat dia bersalah dan puluhan ribu orang ingin menghakiminya, sudah sepatutnya MT menjadi orang yang terdepan dalam membelanya, dan bukan malah seolah-olah “memberikan” moderatornya untuk dicaci maki oleh followernya.

.

3. Perilaku masyarakat Indonesia yang sangat reaktif. Saya melihat reaksinya luar biasa sekali dalam merespon kesalahan dari MT ini, dan yang saya heran adalah, kenapa ya kalau ada orang yang baik atau mungkin terlihat baik berbuat kesalahan, pasti reaksi dan respon untuk menghinanya lebih besar dibanding seorang penjahat yang melakukan kejahatan? Mungkin kalau yang nulis seperti itu adalah seorang kriminil, tidak akan seheboh ini.

.

4. Salah satu sikap MT yang saya kagumi adalah ketenangannya. Bahkan di saat banyak orang mengumpat kesal dan mencaci dia, dari tweet-tweet yang dibalas olehnya, tetap tenang dan seperti MT pada kondisi normal. Terkadang orang yang berada dalam kesulitan dan tekanan yang tinggi, akan berubah menjadi emosi dan tidak bisa mengontrol diri. Contoh terkini nya bisa dilihat dari kasus seorang artis ternama beberapa waktu yang lalu yang mengumpat para wartawan infotainment di account twitternya sebagai pelampiasan rasa marahnya. Dan dalam hal ini, kematangan MT memang patut diacungi jempol. Balasan-balasan yang diberikan olehnya sangat tenang dan tetap dengan gaya normal MT.

.

5. Peribahasa “Karena nila setitik rusak susu sebelanga” memang sangat pantas menggambarkan keadaan sang motivator. Nama baik yang telah dibangun selama ini sebagai motivator handal dan ulung seketika rusak karena kasus ini. Banyak orang, terutama kaum hawa, yang kecewa dengan apa yang disampaikan oleh MT ini karena alasan-alasan yang sama dengan yang diatas (terlalu judgemental, main cepat tuduh, tidak mengeri perasaan wanita dsb). jadi berhati-hatilah karena “mulutmu adalah harimaumu!”

.

6. Suatu saat kita pun pasti akan melakukan kesalahan, Cuma soal waktunya aja yang bergilir. Tungguin aja! Ingat bahwa saat kita menunjuk kesalahan kepada orang lain, sebenarnya 4 jari sedang mengarah kepada kita. Saat kita mengatakan MT ini terlalu judgemental dan main tuduh, please look back to ourselves, apa kita juga tidak pernah bersikap demikian? Apa kita juga tidak pernah main tuduh dan men-judge seseorang tanpa kita kenal lebih jauh terhadap orang tersebut?? Thing to think!

.

7. Saya pribadi sangat menyayangkan ditutupnya account Twitter MT ini. Orang buat salah itu normal, tapi dengan menutup accountnya itu kurang bijak. Karena mungkin saja dari 23,000 followernya banyak yang merasakan manfaat dari tweet2 yang disampaikan oleh MT. Jadi kan sayang kalo hanya karena hal seperti ini harus ditutup dan mungkin ribuan orang menjadi dirugikan. Selain itu, ditutupnya account MT ini juga terlihat bahwa MT seperti ingin lari dari tanggung jawab. Kalau kata salah seorang sahabat saya berinisial MA sih seperti ini dalam menyikapi ditutupnya account MT: “iya, gimana si motivator tapi ringkih dan sensitif tidak tahan banting.. Wikikik itu khan risiko dia ngluarin statement yg provokatif!“ dan yang ngomong ini lagi lagi, seorang wanita! hehehe

.

8. Dan pelajaran ke-8 yang bisa diambil adalah, wanita itu sensitif dan lebih banyak menggunakan perasaan, soooo please take good care of her..🙂

.

Okey, Sekian tulisan singkat ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan untuk Pak MT, seorang sahabat yang saya hormati dan saya kasihi (meminjam bahasa MT), tetap semangat dan salam Zuperrrr!!!🙂

.

Lastly, have a greeattttt and SUPERRRR SUNDAY everyoooonneee!!!

.

Regards,

Muhammad Assad

27 thoughts on “Saat “Sang Super” Terpeleset

  1. Hyaa..sepele bgt yah sbnenry. Kalimat2 serupa kan juga tersebar luas di bbagai media (buku,artikel,situs2 islam,dll.). tp mgkin emg ni udah mulai jamannya memegang tguh agama bagai menggenggam bara api. Nasihat kepada kbenaran & ksabaran tdak lgi masuk ke relung2 jiwa,tp malah dijdikan bahan olok2 bgtu. Smoga Allah snantiasa memberi ampun&hidayah-Nya bagi kita semua.Amin.

  2. Hyaa..sepele bgt yah sbnenry. Kalimat2 serupa kan juga tersebar luas di bbagai media (buku,artikel,situs2 islam,dll.). tp mgkin emg ni udah mulai jamannya memegang tguh agama bagai menggenggam bara api. Nasihat kepada kbenaran & ksabaran tdak lgi masuk ke relung2 jiwa,tp malah dijdikan bahan olok2 bgtu. Smoga Allah snantiasa memberi ampun&hidayah-Nya bagi kita semua.Amin.

    Nice post,kak. Ijin nge-link k t4ku yahh.thx.

  3. I don’t follow him, never like him anyway. Always change the channel on TV when it comes to his show. I think it’s all bullshit! So this note sum-up all the news about the case. Just to be enlighted and knows what people are talking (tweeting) about. Thank U for the writer.

  4. Cukup 1 kalimat menggambarkan perasaan saya waktu baca tulisan ini… Alhamdulillah masih ada yg mata hatinya terbuka. Walau saya bukan fans MT tapi saya cukup menyayangkan reaksi negatif yg mengalir deras terhadap beliau.. Sekali lagi, two tumbs up buat penulis..

  5. sebenernya kata2 itu klo di lihat secara luas gak berarti negatif kok…

    cuma kadang orang berpendapat dengan membaca sepenggal saja…

    No Offence…^^

  6. wa kalo masalah ini si ak pro pak mario
    hla ong klo di lihat dari sisi manapun perempuan merokok itu ga da apikke

    1st boros
    2nd tidak memikirkan masa depan lingkungan, dan keluarganya

    as a women i just can wish that in the future nobody’s smoking

    ya tho?

  7. kl mnrt saya, memang tidak pantas dinikahkan, dan pria seperti itu pun juga tidak pantas dinikahkan. Karena? buktinya mereka tidak mau berpikir panjang, gampang tersulut emosi, dan tidak mau instropeksi. Jadi bgmana kl dinikahkan dan mempunyai anak? Bagaimana hasil seorang anak dari pria atau wanita seperti itu?..bisa dibayangkan bukan?

    kl mereka memang bisa membuktikan kl dirinya seperti itu dan berbeda ( pantas untuk dinikahkan), tunjukkanlah..ga perlu “memarahi” orang yg hanya mengingatkan..

    memang, skrng ini yg benar menjadi salah, yg salah menjadi benar. Bagaimana slnjutnya? diri kita sendiri yg menentukan! akan seperti ini terus atau akan berubah menjadi benar lg…yg benar memang benar..dan yg salah memang salah…:)

  8. Kesalahan si MT adalah kalimatnya menghakimi (nge-judge).

    BTW, pernyataan si itu MT ada benernya, give or take.

    Kalo di rephrase dengan arti dasar yang sama jadinya akan beda.

    no offence,🙂

  9. Sebenarnya saya prihatin karena banyak media mengutip kata “tidak pantas untuk dijadikan istri”. Padahal apa yang ditulis Pak Mario tidak demikian, melainkan “tidak mungkin direncanakan jadi istri”.
    Tentu dua hal itu berbeda. Orang yang hidupnya terencana tentu tidak akan memilih istri seperti itu. Tetapi toh pasti ada saja pria yang memperistri wanita seperti itu. Setiap orang akan memperoleh jodoh yang sesuai dengannya.
    Perihal salah kutip ini jelas memperburuk keadaan. Saya harap salah kutip ini tidak terjadi lagi, karena bisa merusak nama baik seseorang.
    Bagi saya apa yang Pak Mario katakan tidak salah. Saya adalah followernya. Dan saya melihat sendiri tweet tersebut saat baru di-publish. Saat membacanya, saya menjadi teringat orang tua saya. Mereka pasti akan menasihati saya hal yang sama.
    Saya sungguh prihatin, di mana-mana seruan menolak pembatasan konten begitu vokal terdengar. Tapi di satu sisi, netizen Indonesia belum bersikap dewasa😦.

  10. Wah, karena gw gak twitter-an gak tau kejadian kayak gini,sad. thanks yo dah nulis🙂 ada beberapa hal yang gw setuju ma pendapat elo:
    1- cewe tu sensitif, coba deh kalo ada topik2 yang menyangkut cewe kayak di atas or poligami, wah mesti jadi topik yang langsung ‘menghangat’
    2- orang Indonesia itu reaktif, ada hal sedikit yang salah, digembor2kan. memusuhi yang membuat statement padahal harusnya yang disayangkan adalah statementnya. gak dipungkiri kadang kita juga seperti itu bukan walaupun tak disadari atau diomongin ke orang lain?

    Satu hal yang selalu gw cermati dari jejaring sosial kayak gini.. apa Indonesia belum ‘matang’ untuk bisa berinteraksi dengan tipe komunikasi semacam ini ya?

  11. Assad,,
    Your writing is really impressive.
    It’s okay to state personal view, but we should carefully select the right words, in case we overgeneralizing something…
    I believe not all Indonesian or women.
    You can say they are when you have data, facts that support your statement.
    That is also what happened to MT, I think.

    Wish you good luck.
    Regards

  12. artikel yang bagus,
    klo menurut aku sih, biar realita yang membuktikan.. stat MT hanya sebagai bahan renungan bukan untuk di debatkan..

    salam damai..n_n

  13. Ha! Nice one, Sad!

    by the way, cuma sharing aja ada temen gw yang kirim BBM Broadcast ke gw yang kurang lebih isinya gini:

    “We give women smile, they give us their heart. They give more than what we gave them… The other way around; if we do a something bad to them, be prepared to be treated like shit by them.”

    jadi yaaa.. begitulah akibat berbuat sesuatu yang nyeleneh dikit, terutama kalo sampe menyinggung wanita. hehehe.

    Keep it up!

  14. It’s not an easy task for being honest. For me, What MT said about woman is all true, woman just need to look up to themselves. Making mistakes in life for men and women is not always about those heck job in midnight, we all agree to that. But the problem is actually, are we really ready to hear ‘God’s Message’ or at least the pure sound from our heart. (no matter who said that and how or from wich point of view). All the responses actually showed that we aren’t ready for the truth. If we really searching for fun activity or healthy dance and jogging, do we realy need to do them at night with some bad life style?
    So I think, MT didn’t need to say sorry. It is his role to be a reminder to any one in this world. If there are some of them who don’t agree with him, just give them some time to rethink about. They will find the best enlihgtenment for them. In an easiest way they can. It is not about ‘nubuwwah’ or no body’s perfect at all. But it’s about do we really always over react to something pure and true? The responses showed that we keep telling to ourselves that there was nothing wrong about people’s life nowadays. And we don’t need to think how will our next generation gonna be in the future if we stuck in this way of life and paradigm about feminism, human’s right, education or any matter that would be valuable for our live.
    Just keep doing the right things bravely, people need the shock for the truth. Peace and Luv ^_^

  15. Menurut aku tweet si MT menyudutkan perempuan, dan terkesan mengkriminalkan perempuan, knp pria tidak disebutkan?? Wanita jg berhak memilih pria yg baik untuk dijadikan imam.

  16. Yang protes MT memang yang busuk… Bukan aku sok suci, tapi aku tantang, ayoh cari pembenarannya dalam agama manapun (yang mengaku agama Tuhan) kalau kalian memang mampu !!!!!!!!!!!

  17. Baru mulai baca notes2nya Assad🙂

    Untuk yg satu ini, mgkn prtama kali yg harus dicamkan ya,,
    Sekagum2nya sseorang figur, siapapun dia, tetap aja manusia,, jadi once dia bkin salah, kita udah nyiapin sedikit ruang buat ngertiin hal itu..
    manusia itu gudangnya salah,, masalahnya adlh kita berhadapan dengan ribuan manusia lain yang punya karakter berbeda.. dan mmg, manusia lebih bisa mngingat ‘kesalahan’ dibanding ‘kebaikan’…

    Adik saya sendiri pun mengutarakan ketidaksukaannya dengan jelas terhadap tokoh yg satu ini😀
    tapi yaa..itu tadi, at the end, smuanya balik ke manusianya masing2..
    Hati mnusia bukan punya kita, punya dia sendiri.. seberapa besar pun kita berharap seseorang berubah jadi baik, kita cuma bisa berusaha, sisanya..hatinya Allah dan dia sndri yg punya🙂

    Why do we have to stop? People just need some time to forget it,,
    Ya pelajaran juga mgkn, untuk mengeluarkan sbuah statement, apalagi di ruang publik, yaa.. btuh filterisasi yaaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s